Saturday 17 December 2011

www.Archive.org, Simesin waktu Website


Tampilan Jadul CSP_Blog ditemplate ke-2 tahun 2009

"Wah, csp_blog sebentar lagi akan berubah tampilan. Cepet-cepet screenshot, buat kenang-kenangan!" Ya itulah kira-kira salah satu celotehan salah seorang pengunjung csp_blog lewat sms pada bulan April lalu.

Banyak yang tak mau kehilangan salah satu rekam jejak blog ragam info ini, sehingga sebelum hadir dengan tampilan baru, ia merasa harus menyimpan muka lama CSP_blog.  Ya, itu sah-sah saja. Hanya saja, tak perlu sampai panik begitu. Sebab, di internet ada sebuah situs yang mempunyai kemampuan layaknya mesin waktu yang dapat membawa pengguna terbang berpetualang menyusuri situs-situs kesayangan Anda di masa lampau. Adalah www.archive.org sebagai situs yang dimaksud. Kehadiran website ini sebenarnya sudah ada sejak lama, dan sudah cukup banyak orang pun tahu. Namun tetap saja, tak sedikit pula yang masih asing dengan keberadaannya.

Tampilan Jadul CSP_Blog ditemplate ke-3 tahun 2010
www.Archive.org menyebut kemampuan 'mesin waktunya' itu sebagai 'wayback machine'. Untuk melihat rekam jejak tampilan situs yang Anda inginkan tinggal masukkan situs yang Anda maksud di kolom 'take me back'. Sejurus kemudian, pengguna akan masuk ke dalam sebuah timeline di mana situs yang dicari telah terekam dalam memori www.archive.org. Nah, di situ bisa terlihat, pada tahun, bulan dan tanggal berapa situs ini telah terekam jejaknya. Selanjutnya, pengguna tinggal memilih waktu yang diinginkan dan langsung muncul halaman situs tersebut ketika jadul.

Dalam percobaan yang dilakukan csp_blog misalnya untuk menyusuri sejarah blog ini, tampilan lawas terekam sejak tahun 12008. Yakni ketika csp-blog pertama kali hadir.  Ya, jangan bandingkan dengan zaman sekarang. Sebab pada masa itu, tampilan blog masih kaku dan terbilang seadanya. Pun demikian, tampilan jadul csp_blog itu tetap bisa diklik untuk dilihat isi beritanya. Cocoklah untuk bernostalgia. Layanan www.archive.org sendiri adalah bagian dari The Internet Archive, sebuah lembaga non-profit yang dibangun pada tahun 1996 di San Fransisco, AS, untuk mengembangkan sebuah perpustakaan internet.  Ya, itulah www.archive.org, situs yang cukup unik kemampuannya. Lalu bagaimana dengan Anda? Tertarik mencoba untuk menyusuri perjalanan situs kesayangan?

No comments:

Post a Comment