Thursday 22 December 2011

PDKT itu..


Istilah PDKT atau pendekatan umum banget dikalangan Pria2 yg pengen nyari pasangan (baca: pacar). Banyak temen2 Pria yg lebih dari sekali ngelakuin PDKT, baik kepada orang yang sama maupun berbeda. Tapi tau ga sih, ternyata banyak temen2 Pria yg kurang tepat ngelakuin PDKT kepada gebetannya. Sebelumnya udah ada trit yang jadi HT bahas soal 17 kesalahan Pria waktu PDKT. Saya ga bakal bahas ulang trit itu di sini, cuma garis besarnya aja. PDKT pada dasarnya proses yang asik dalam memulai hubungan. Satu hal yang paling penting yg harus jadi dasar dalam ngelakuin PDKT: bahwa PDKT itu adalah proses yang sifatnya mutual. Artinya PDKT itu dilakukan baik si Pria maupun Wanita. Kalo cuma searah aja misalnya si Pria aja, itu bukan PDKT tapi itu pengejaran. Dan Saya rasa gada Wanita yg secara wajar suka dikejar-kejar. Untuk memudahkan pembahasan, Saya membagi ulasan PDKT ini menjadi 5 poin penting.

Pertama
Kenapa banyak Pria yang salah dalam ngelakuin PDKT? Karena temen2 Pria belum punya paradigma yang tepat soal PDKT. Aturan pertama dalam PDKT adalah: gak boleh ada cinta waktu PDKT. Ini penting untuk menghindari perasaan berbahaya yang namanya NGAREP, kalo Anda NGAREP Anda bakal jatoh, NGAREP itu berbahaya. Cukup merasa tertarik aja sama gebetan, dan tahan perasaan Anda. Kalo Anda Pria berkualitas Anda bisa kontrol perasaan Anda. Cinta harusnya mulai tumbuh setelah gebetan resmi jadi pasangan Anda. Ketika Anda ngarep waktu PDKT, Anda merasa harus ngelakuin sesuatu untuk si gebetan. Dan makin Anda ngelakuin sesuatu Anda bakal makin tambah ngarep. Mungkin gak masalah, tapi kadang temen2 Pria ngelakuin sesuatu yg seharusnya dilakukan ketika udah jadi pacar. Contohnya kayak anterin si gebetan kemana-mana, nraktir makan, ngasih kado, rajin ngucapin met pagi met siang met malem, jadi orang pertama yg ngucapin ultah dll. Hey wake up dude, kalo si gebetan udah bisa dapetin sesuatu dari Anda tanpa dia harus jadi pacar Anda, ngapain dia jadi pacar Anda?

Mungkin diantara Anda ada yang bilang hal-hal yang Saya sebutin di atas itu kadang perlu dan ampuh juga. Ada yg beralasan bahwa Wanita perlu diperlakukan spesial dengan ngelakuin apa yang Saya sebutin di paragraf sebelumnya. Tapi Anda boleh nolak pernyataan Saya selanjutnya: bahwa Anda wajib bersikap baik, tapi Anda gak wajib bersikap spesial untuk orang yg belom jadi pacar Anda. Cukup berlaku seperlunya aja. Walaupun ada Wanita yang beneran jadi sama Anda dengan cara-cara di atas, Saya berani tarohan bahwa tu Wanita mang dari awal udah tertarik sama Anda. Sekali lagi PDKT itu asik, seru, dan yang penting terkontrol. Gimana caranya supaya PDKT asik, jawabannya gampang: jadilah asik dan menarik. Saat PDKT berhenti nanya: "gimana caranya biar gue dapet tu Wanita?" tapi ganti dengan "gimana caranya kasih kesempatan supaya si Wanita tertarik sama gue?". Yep sekali lagi jawabannya gampang: jadilah asik dan menarik.

Kedua
Jaga perasaan Anda supaya gak jatoh dalam lembah ngarep. Caranya adalah dengan memperbaiki diri, jadi Pria berkualitas, jadi Pria glossy. Jadi Pria yang punya kemampuan untuk memilih gadis mana yang baik untuk dirinya. Jadi Pria yang punya kekuatan menolak atau menghindari sesuatu yang kelihatan baik padahal enggak (contoh: gadis berparas cantik namun hatinya belum cantik). Maka dari itu inilah aturan kedua dalam PDKT: fokus lah pada diri Anda, bukan gebetan Anda. Yang ga tepat dalam PDKT adalah si Pria fokus sama gebetan. Cari segala info soal dia, cari kesukaan dia, perhatian sama dia, tau semua jadwal dia, dan yang parah jadi stalker. Sebenernya itu gak perlu, daripada Anda fokus sama gebetan Anda, lebih baik Anda fokus sama diri Anda dan ningkatin kualitas diri Anda. Yang Saya bilang sebelumnya: jadilah menarik. Perhatiin dandanan Anda, be social, be more active, be more attractive, cari kegiatan yang ningkatin passion hidup Anda, gaul sama temen2 baru, cari hobi baru yang asik, dan yang paling penting berbahagialah. Mana ada Wanita normal yang suka sama si pemuram yang anti sosial dan ga asik? Saya jamin Anda bakal keliatan lebih "bersinar" ketika Anda ngelakuin hal-hal yg barusan Saya sebut.

Ketiga
Selanjutnya aturan ketiga dalam PDKT adalah: be different! Timbulkan kesan bahwa Anda adalah Pria yang beda (dalam artian baik dan wajar) dibandingkan dengan Pria-Pria lain yg ngejar gebetan Anda. Cara yang paling gampang adalah tunjukin bahwa Anda ga takut kalo target Anda nolak Anda, tunjukin bahwa Anda menikmati proses PDKT ini, ga lebih. Tapi inget jangan tunjukin (cuma) lewat omongan, tapi juga lewat tindakan. Lihat aturan PDKT nomor dua, ketika Anda udah mampu ngelaksanain aturan tersebut secara otomatis Anda bakal terlihat ga ngarep. Si gebetan dalam hati bakal bilang: "ni Pria kehidupannya dah asik banget, kalo gue tinggal dia ga bakal ngerasa rugi kayaknya deh, ah sayang ah kalo gue tinggal". Saya kasih tips sederhana yang bisa buat Anda beda dari yang lain. Kebanyakan Pria ngegombal, dan memuji si gebetan, kasih rayuan-rayuan maut dan ucapan manis. Daripada gitu, lakukan sebaliknya. Kalo Pria lain bilang gebetan Anda cantik, maka jadilah orang pertama yang bilang dia jelek. Tapi inget konteksnya adalah ngejek (jerk joke) bukan menghina (insult). Jerk joke juga bakal buat Anda sama gebetan Anda makin akrab. Jerk joke akan menimbulkan reaksi contohnya seperti ini: "aaah elo maah rese deh (sambil mukul2 gemes)". inget ya bukan ngehina. Hal ini harus dilakukan dalam situasi dan kondisi yang tepat biar gak melenceng maksudnya.

Keempat
Selanjutnya adalah aturan yang sering banget dilanggar oleh pelaku PDKT, aturan keempat: jangan PDKT dengan lebih dahulu jadi sahabat, kakak (kakak ketemu gede), temen curhat atau yg lainnya. Sebenernya ini gak guna banget, ini yang bikin PDKT jadi berlarut-larut dan nimbulin pertanyaan besar dalam kepala Pria: "si dia suka ga yaa sama gw? dia sering curhat nih sama gw, dia nyaman banget sama gw, kayaknya dia suka deh". Rasa nyaman gak sama dengan cinta. Simpelnya gini, Anda gak perlu nanya-nanya apakah si gebetan suka apa enggak sama Anda, karena kalo dia suka sama Anda tanpa Anda bertanya-tanya pun Anda bakal nyadar sendiri. contoh kasusnya gini: Pria A naksir dengan Wanita B. Awalnya A dan B cuma teman biasa. Kemudian A memutuskan untuk deketin si B. A masuk sebagai temen curhatnya B dan lama-kelamaan hubungan mereka deket. Karena A lebih tua (dikit) dari B, jadilah mereka kakak-adean. Mereka saling ceritain rahasia terdalam masing-masing. A selalu pengen hubungan mereka resmi bukan sekedar kakak-ade, akhirnya A nembak B. Dan apa yg didapat A, ternyata B berkata: "aku udah nyaman banget sama kamu, tapi sebagai kakak, aku udah anggep kamu kayak kakak aku sendiri, aku gabisa kalo kita pacaran".

Apa ada yang tertohok dengan cerita di atas? kalo ada silahkan angguk2, karena hubungan seperti di atas itu sangat beresiko. Masih mending hubungan A dan B tetep baik kakak-adean, tapi kebanyakan malah jadi jauh-jauhan.Kebanyakan Pria itu lebih peka dengan tanda-tanda si Wanita suka sama dia dibandingan dengan tanda-tanda si Wanita ga suka. Padahal mungkin tanda-tanda si Wanita ga suka lebih banyak daripada tanda-tanda si Wanita suka, yang artinya si Wanita sebenernya ga suka. Mudah-mudahan Anda paham maksud Saya.

Kelima
Sekarang kita sampai pada aturan yang paling mendasar dalam PDKT, aturan kelima: Anda adalah pribadi yang dari awal UDAH lengkap dan bahagia. Pasangan hidup (pacar, kekasih, istri dsb) ada BUKAN untuk melengkapi kebahagian Anda, tapi untuk berbagi kebahagiaan Anda. Kalo mereka tidak ada, kebahagiaan Anda gak berkurang sedikitpun. Wanita lebih tertarik pada orang yang bahagia dibandingkan dengan orang yang murung. Jangan membuat diri Anda keliatan kasihan dengan harapan si gebeten bisa luluh. Rasa kasian, simpati, dsb tidak sama dengan cinta. Kalo Anda berhasil menjadi pribadi yang udah bahagia dari awal, Anda bakal terhindar dari rasa ngarep, Anda bakal santai dalam PDKT, dan gebetan pun bakal mikir kalo Anda itu Pria berkualitas yang beda dari Pria lain. Kalopun si Wanita harus nolak Anda, si Wanita yang bakal ngerasa rugi, bukan Anda. Karena sekali lagi Anda adalah Pria yang berkualitas.

No comments:

Post a Comment