Tuesday 28 August 2012

Tanaman dengan Kemampuan Unik

Umumnya orang hanya tahu jika tanaman hanya tumbuh, berbunga, dan berbuah. Selain berfungsi sebagai bahan makanan dan untuk memberikan keindahan, manusia juga tahu jika pepohonan besar memiliki manfaat lain, yaitu sebagai penghasil oksigen. Hanya saja belum banyak yang tahu jika tumbuhan atau tanaman juga memiliki kemampuan dan perangai tertentu sebagai makhluk hidup seperti halnya hewan dan manusia. Meski bersifat stasioner atau tidak dapat berpindah tempat sendiri, tetapi pada jenis tertentu, tumbuhan atau tanaman sebenarnya tidak hanya diam, menunggu dimakan atau tumbuh statis. Jika dipelajari, banyak dari tanaman atau tumbuhan yang memiliki perangai dan kemampuan tertentu. Bahkan ada beberapa jenis tumbuhan yang bisa berkomunikasi untuk membangun skema canggih dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Tumbuhan dengan Bom Napalm
Kemampuan pohon yang satu ini tentu sangat mengejutkan dan di luar dugaan manusia pada umumnya. Tak seperti umumnya pohon atau tanaman yang mudah dimusnahkan, pohon eucalyptus ini memiliki kemampuan melindungi wilayah mereka, yaitu dengan keputusan membumihanguskan. Pohon eucalyptus ini tidak hanya kebal terhadap kebakaran hutan, tetapi justru menjadi biang atau penyebabnya. Eucalyptus dirancang khusus untuk menjadi pohon yang tetap bisa bertahan setelah amukan api memusnahkan kehidupan hutan di sekitarnya. Ini semua karena mereka memiliki binatang yang tersembunyi  jauh di dalam kulit. Batang-batang ini akan ke luar saat asap sudah memudar. Pohon ini mengandung semacam minyak yang begitu mudah terbakar. Pohon ini benar-benar bisa meledak pada saat terbakar, seperti orang menjentikkan puntung rokok ke pompa bensin. 

Daun dari pohon ini juga begitu penuh dengan napalm beracun yang tidak bisa dihancurkan serangga dan jamur. Pohon ini juga menghasilkan gas berupa awan abu-abu kebiruan yang menguap bisa naik seperti bola api dengan satu petir. Pohon ini bisa ditemui di hampir seluruh hutan. Karenanya ada peringatan khusus bagi pendaki agar tidak membuat pembakaran atau membuang puntung rokok sembarangan. Pada tahun 1991, pohon ini disalahkan menjadi penyebabnya kebakaran besar di California yang menghanguskan 3.000 rumah.

T
anaman Pengomando
Berikut ini adalah sejumlah tanaman yang bisa mengomando serangga untuk mengusir hama yang bisa menghancurkan mereka. Salah satunya adalah pohon tomat. Ketika ulat mulai memakan buah tomat, dalam sebuah eksperimen menunjukkan jika buah ini mengeluarkan asap sinyal kimia yang bisa memanggil tentara tawon parasit untuk datang melawan ulat. 

Contoh lainnya adalah tembakau yang juga bisa melakukan panggilan serupa untuk minta bantuan predator terdekat untuk memerangi ulat, serangga daun, dan hama lainnya. Pohon dan tanaman istimewa itu tidak sembarangan memanggil bala bantuan. Mereka memanggil pasukan yang benar-benar sesuai untuk tipe hama yang tengah menyerangnya. Kemampuan tersebut mengundang banyak pertanyaan karena sesungguhnya tanaman atau tumbuhan, tidak memiliki pengetahuan tentang serangga. Kendati demikian para ilmuwan percaya jika tanaman dapat merasakan zat pencernaan suatu spesies serangga yang tengah menyerangnya. Tanaman juga dapat memanipulasi serangga untuk sesuatu yang menguntungkan. 

Sebagai contoh lain adalah pohon anggrek yang selama 85 juta tahun lalu telah diketahui menguraikan sinyal kimia yang mempekerjakan serangga untuk komunikasi. Mereka juga menggunakan trik aroma yang pada dasarnya menjadikan serangga sebagai kurir untuk pabrik sperma mereka. Pada musim panas, banyak anggrek yang mengeluarkan aroma serangga betina dengan tujuan untuk memikat serangga jantan membantu melakukan penyerbukan.
 
Tanaman yang mampu bekerja-sama
Mungkin akan terdengar aneh jika ada tanaman yang bisa berkomunikasi dan bekerjasama. Tapi itulah kenyataannya atas kemampuan yang dimiliki tumbuhan jewel weed. Ketika diletakkan di dalam pot dengan tanaman yang tidak berhubungan, keduanya akan tumbuh secepat mungkin. Masing-masing berusaha memanfaatkan nutrisi sebanyak mungkin untuk menjauh dari yang lain. Namun, ketika berada dengan tanaman sejenis, mereka benar-benar mengendalikan perkembangan akar normal mereka. Mungkin jewelweed adalah keluarga mafia dari kalangan flora. Bukan hanya tak merebut makanan satu sama lain, mereka juga benar-benar tumbuh bersamaan. 

Selain jewelweed, ada tanaman lain yang juga memiliki kemampuan untuk bekerja sama. Tidak hanya bekerja sama, mereka juga bahkan bisa mengenali keluarganya atau bahkan membelanya. Salah satunya adalah pohon willow. Ketika tanaman ini sedang dimakan ulat, pohon ini akan menghasilkan bahan kimia yang membuat serangga kesulitan mencerna. Kemudian, pohon-pohon yang sama di sekitarnya juga mulai memroduksi bahan kimia serupa. Sudah dibuktikan jika pohon ini mengeluarkan feromon ke udara yang membuat willow lain di daerah tersebut dapat mendeteksi, sehingga mereka juga mengeluarkan senjata kimia mereka. Tanaman ini juga berkerja sama melalui sinyal ketika mekar. Jika mereka menjatuhkan bunga secara acak, herbivore dapat memakan satu demi satu, tetapi jika mereka berkoordinasi, pohon-pohon ini dapat membanjiri dengan daun dan volume tipis. Yang lebih luar biasa, tanaman tembakau bisa berkomunikasi dengan spesies yang sama sekali berbeda.

Tanaman Berdaun Reflector

Para ilmuwan telah menemukan sebuah tanaman yang bisa mengomando kelelawar, yaitu sebuah pohon anggur kuba marcgravia evenia. Pohon ini mengembangkan sejenis satelitirip daun di atas buahnya. Fungsi dari satelit ini bukan untuk menyerap sinar matahari dan daun ini menghadap lurus ke depan. Pohon marcgravia ternyata tergantung secara eksklusif kepada kelelawar untuk penyebaran benih. Hanya saja, ada sedikit masalah karena kelelawar buta dan tak punya penciuman yang baik. 

Untuk memanipulasi kelelawar agar membantu penyebaran benih, pohon ini diberi perangkat canggih pemancar sonar. Daun tanaman ini juga menjadi reflector (pemantul) yang sempurna untuk memancarkan sinar. Dalam sebuah pengujian, kelelawar ternyata bisa menemukan tanaman itu 50% lebih cepat dengan adanya daun khusus ini. Sebaliknya, tanpa adanya daun tersebut, kelelawar cukup kesulitan menemukannya. Selain itu, dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa gema dari daun akan terdengar konstan dan mencolok dari hampir setiap sudut. Dan ini yang mengundang kelelawar untuk datang.

Tanaman Pelontar tercepat dunia

Kemampuan yang dimiliki tanaman ini bisa jadi lebih aneh lagi. Hampir secara universal, tanaman didefinisikan oleh ketidakmampuan total mereka untuk bergerak. Siapapun dapat mengancam tanaman dengan alat penebang seperti gergaji mesin, kapak, atau lain sebagainya. Tanaman tidak akan bergerak meski situasi menyeramkan ada di hadapannya. Karena itu manusia dengan mudahnya melakukan pengrusakkan seperti menebang seenaknya atau menancapkan paku pada pohon untuk memasang papan atau poster promosi. Sebenarnya ada cukup banyak tanaman yang bergerak di sekitar kita dengan kecepatan yang mengejutkan. 

Kendati demikian, tanaman tersebut tetap tidak bisa bangkit dan berjalan pergi. Setiap daun pada tanaman ini terpasang engsel kecil dan itu benar-benar berkedut dan bergerak seperti pohon whomping willow dalam film Harry Potter. Tanaman yang mempunyai tembakan atau gerakan paling kuat di dunia adalah pohon murbei. Pohon ini dapat meluncurkan serbuk sarinya lebih dari setengah kecepatan suara, yaitu hampit 550 km per jam. Tapi yang mendapat gelar tanaman tercepat adalah pohon dogwood bunchberry. Pohon ini mampu meluncurkan serbuk sarinya di bawah satu mil detik. Hampir tidak ada gerakan hewan yang bisa bergerak lebih cepat dari itu.

No comments:

Post a Comment