Thursday 9 August 2012

Aplikasi Mengubah File Word ke Pdf dan sebaliknya

UBAH FILE WORD KE PDF
========================================
Untuk lebih mengamankan file dokumen yang rentan terhadap serangan virus atau isi file tersebut terubah, umumnya penyimpanan data tersebut diubah dari format doc, docx atau rtf ke format pdf. Banyak software yang menyediakan aplikasi untuk mengubah file yang berformat document micorsoft word ke format pdf. Namun kadang software-software tersebut tidak gratis atau free trial. Sebenarnya ada add on (aplikasi tambahan) yang dapat ditambahkan pada versi microsoft word 2007 ke atas. Add on ini sangat mudah digunakan dan tidak perlu menginstall software lain. Sebuah fitur baru pada ms word ada menu baru Save file as PDF. Bagaimana caranya ? Berikut saya uraikan langkah-langkahnya ?

1. Download file SaveAsPDFandXPS disini.
2. Jika Program MS Word terbuka tutup terlebih dahulu lalu double klik file SaveAsPDFandXPS dan ikuti instruksi instalasi lebih lanjut sampai dengan selesai.

Mencoba cara penggunaanya :
1. Buka program Microsoft Office Word 2007 lalu tulis sebuah tulisan atau Anda juga bisa membuka file berformat doc, docx atau rtf yang sudah ada.
2. Tekan tombol office button pada pojok kiri bawah program Microsoft Word 2007 lalu klik menu Save As dan klik PDF or XPS seperti pada gambar.
3. Namai nama dokumen pdf Anda.

/////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////

UBAH FILE PDF KE WORD
========================================
Sewaktu mengisi formulir pendaftaran atau formulir isian lainya yang berformat PDF kadang dalam versi pdf di adobe reader versi lama sulit untuk menambahkan atau megedit data data yang akan dimasukkan. Apalagi data isian tersebut harus dalam format softcopy dan dikirim balik ke email. Ini berdasarkan pengalaman Yohansalman.com. Mungkin salah satu solusinya adalah mencetak data blanko isian, lalu mengisinya secara manual dilanjutkan menscan dan mengirimkanya lagi. Tapi langkah tersebut kurang efektif menurut pandangan pribadi. Apalagi jika formulir isianya sangat panjang. Solusinya adalah mengubah file pdf blanko tersebut ke format microrost word (doc. docx atau rtf) yang bisa diinput secara langsung dan bisa langsung dikirimkan.

Langsung saja ke tutorialnya :
1. Kunjungi website http://www.pdftoword.com/. Pada halaman website pdf to word converter akan ada tombol browse. Klik tombol browse dan pilih file pdf yang tersimpan pada folder explorer.
2. Setelah terpilih filenya tekan tombol Upload and Convert. Maka file pdf akan terupload dan diubah secara online. Tunggu beberapa saat hingga muncul link Right-click here to download the Word file (Zipped).. Lama proses upload dan pengubahan bergantung dengan ukuran file dan koneksi internet Anda.
3. Download pada link Right click here dengan cara klik kanan dan save link as atau bisa juga dengan meng-kliknya.

No comments:

Post a Comment