Sunday 26 August 2012

Fakta tentang Google Maps


Anda pasti pernah mengandalkan Google Maps untuk mencari sebuah lokasi. Aplikasi tersebut kini dapat digunakan di perangkat komputer maupun di perangkat bergerak seperti komputer tablet dan ponsel pintar.  Tapi, tahukah Anda kalau Google sampai saat ini sudah menyematkan 20Pb (Petabyte) data atau setara dengan 21 juta gigabyte pada layanan yang diperkenalkan pertama kali pada 2005 silam?  Selain itu, Google Maps juga memiliki hal-hal menarik yang mungkin belum Anda ketahui. Apa saja? Ini dia faktanya:

Pembaruan data ; Tergantung wilayah dan ketersediaan data, tapi Google akan selalu menambah informasi setiap dua minggu sekali. Untuk fitur barunya, yaitu Street View, Google tidak memiliki jadwal pasti. Namun, lebih cepat lebih baik. 

Responsif ; Juru bicara Google mengatakan beberapa pengguna ada yang selalu melaporkan sesuatu yang tidak biasa kepada perusahaannya. Setelah itu tim Google akan sesegera mungkin melakukan tindakan. 

Kemitraan ; Baik Google Maps maupun Google Earth, keduanya menggunakan satelit milik pihak ketiga. 

Jaga rahasia ; Pemilik satelit dapat memburamkan wilayah yang dianggap rahasia. Biasanya hal tersebut dilakukan karena ada permintaan khusus dari beberapa negara. Jadi Google pun tidak bisa memperlihatkan detail area pada layanannya. 

Lindungi privasi ; Sebagai upaya untuk melindungi privasi, Google akan secara otomatis menyamarkan wajah dan apapun yang memiliki izin atau hak cipta. Google juga menerima permintaan untuk menyamarkan suatu objek. 

Gambar banyak : Jumlah gambar yang dihasilkan sekarang sudah mencapai 10 juta. Google sudah melakukan proyek Street View sejak lima tahun lalu dan telah melakukan perjalanan sepanjang lima juta mil. 

Museum ; Dengan Street View, siapapun dapat masuk dan melihat isi bangunan tertentu. Hal tersebut bisa dilakukan di delapan negara, yaitu Amerika Serikat (AS), Inggris, Australia, Selandia Baru, Prancis, Kanada, dan Irlandia. Sebagai tambahan, pengguna juga bisa melihat-lihat isi dari Gedung Putih yang ada di Washinton DC, Amerika Serikat. 

Kamera ; Google sekarang sudah memiliki 15 kamera yang dapat menghasilkan gambar beresolusi 65 megapiksel dan ditempatkan di atas mobil. 

Teknik pemotretan ; Dengan 15 lensa tersebut, tim Google mengambil gambar dari beberapa arah dan menyatukannya sehingga bisa dilihat secara 460 derajat. 

Info kendaraan alternatif ; Kalau mobil tidak bisa memasuki suatu area tertentu, Google akan langsung menggunakan troli, sepeda, mobil salju sesuai dengan kondisi medannya.

No comments:

Post a Comment