Monday 20 August 2012

Memperbaiki Bahasa Tubuh

1. Jangan silangin tangan atau kaki anda - Jangan pernah untuk menyilangkan tangan anda karena itu anda akan terlihat seperti orang yang defensive atau tertutup. Ini juga berlaku buat kaki anda. Biarin tangan dan kaki anda terbuka.

2. Lakukan kontak mata, tapi jangan melotot - Jika ada beberapa orang yang pengen anda ajak ngobrol, lakukan kontak mata untuk memberikan kesan yang baik dan perhatikan jika dia memperhatikan. Jangan terlalu banyak memberikan kontak mata karena dapat menakutkan orang-orang juga.

3. Jangan takut untuk mencari celah - Mencari celah disini contohnya duduk atau berdiri dengan keadaan yang dapat menimbulkan percaya diri dan nyaman dengan diri anda sendiri.

4. Tenangin bahu anda - Coba untuk santai. Coba untuk ngga goyang-goyangin bahu anda dan tarik bahu anda sedikit kebelakang.

5. Mengangguk saat mereka bicara - Mengangguklah sekali-kali, itu tandanya kaanda anda tuh pendengar yang baik. Tapi jangan terlalu sering nanti disangka woody woodpecker lagi.

6. Jangan selonjor kalau duduk, duduk yang tegap - tapi ini dalam artian santai, bukan yang seperti dalam tata cara makan yang baik dan sopan.

7. Condong kedepan, tapi jangan terlalu - Kalau anda ingin menunjukkan bahwa anda tertarik dengan perkataan seseorang yang sedang ngobrol, condonglah sedikit kedepan. Kalau anda ingin menunjukkan bahwa anda itu percaya diri dengan diri anda, bersandarlah kebelakang sedikit. Tapi jangan condong kedepan terlalu banyak atau anda sama seperti orang yang needy, dan jangan terlalu bersandar kebelakang atau anda sama dengan orang yang arogan dan tertutup.

8. Senyum dan ketawa - bercandalah, jangan terlalu serius. Santailah, senyum dan ketawa saat seseorang bericara tentang hal-hal lucu. Seseorang lebih cenderung untuk mendengarkan anda sebagai orang yang positif. Tapi jangan ketawa dulu kalau joke anda belum selesai, ini sama seperti kalau anda tuh gugup dan membutuhkan. Senyumlah saat anda memperkenalkan diri anda tapi jangan terlihat terpaksa, itu akan terlihat seperti dibuat-buat.

9. Jangan pegang wajah anda sendiri - ini sama seperti anda tuh gugup dan dapat mengganggu lawan bicara saat anda ngomong.

10. Jangan noleh kiri-kanan - Jangan melihat kebawah, ini malah bikin anda aneh. Tetep lurus sama lawan bicara anda.

11. Perlahanlah sedikit - ini dengan maksud tertentu. Berjalan pelan bukan hanya bikin anda lebih tenang dan percaya diri, ini juga akan sedikit mengurangi stres.

12. Jangan gelisah - coba untuk menghindarinya, seperti menggoyang-goyangkan kaki anda atau mengetuk-ngetuk jari ke meja dengan cepat.

13. Gunakan tangan anda dengan lebih percaya diri - ngga mau diem dengan tangan anda dan menggaruk-garuk wajah anda untuk menandakan apa yang mau anda omongin. Pake lah tangan anda untuk melakukan hal-hal yang penting dan menunjukkan sesuatu. Tapi jangan terlalu sering karena bisa menjadi pengganggu.

14. Turunin minuman anda - jangan pegang minuman anda pas depan dada anda. Kenyataannya, jangan suka pegang apaapa didepan hati anda itu malah bikin anda seperti orang yang terjaga dan tertutup. Turunin lah dan pegang disebelah/berdekatan dengan paha anda.

15. Menyadari ketika anda memutar kebelakang - beberapa orang mungkin duduk atau berdiri dengan tegak kebelakang dengan postur yang bagus. Bagaimanapun juga, mereka mungkin berpikir memutar kebelakang dimulai dari leher dulu kekiri dan kekanan seperti posenya Montgomery Burns. Kaanda bisa anda posisi tegap lurus untuk postur lebih baik, (Sori kaanda artiannya bingung, kaanda ga salah tuh gampangannya tuh "kretekin" badan.) 
 
16. Jangan terlalu deket - satu hal yang kita pelajari dari Seinfeld yaitu orang-orang bakal ketakutan kaanda deket sama orang yang suka ngobrol terlalu deket. Kasih ruang lah, jangan terlalu deket-deket banget.

17. Cermin - Sering kali kita ngobrol sama seseorang, dimana diantara kalian mempunyai hubungan yang bagus, anda mulai untuk bercermin kepada mereka secara ngga sadar. Artinya, anda tuh sedang bercermin bahasa tubuh sama mereka. Untuk membuat sebuah hubungan yang bagus anda bisa latihan ngobrol sendiri dikaca, tapi dalam artian anda belajar untuk memahami bahasa tubuh bukan berarti anda gila ngobrol sendirian. Kalau lawan bicara anda masukin tangannya kesaku, anda ikutin. Tapi jangan langsung anda ikutin gerakannya dan jangan semua bahasa tubuh lawan bicara anda ikutin. Bisa-bisa anda jadi orang yang aneh.

18. Mempunyai sikap yang bagus - setidaknya lah, positif, tebuka dan mempunyai sikap yang tenang. Bagaimanapun yang anda rasakan bakal datang kedalam diri anda dan anda dapat merasakan perubahan yang sangat besar.

No comments:

Post a Comment