Monday 27 August 2012

Agar Shalat Kita Khusyuk

Hal yang pertama kali akan dihisab oleh Allah SWT di hari kiamat nanti adalah Sholat? Sebagian dari Zoners pasti tau hal tersebut. Jikalaupun Zoners belum tau, maka yakinilah hal tersebut. Karena inilah buktinya:

"Sesungguhnya pertama kali yang dihisab (ditanya dan diminta pertanggungjawaban) dari segenap amalan seorang hamba di hari kiamat kelak adalah shalatnya. Bila shalatnya baik maka beruntunglah ia dan bilamana shalatnya rusak, sungguh kerugian menimpanya." (HR. Tirmidzi)

Karena hal tersebut, maka sangat dianjurkan/diharuskan bagi kita untuk meningkatkan kualitas sholat kita dengan Khusyuk. Lalu bagaimanakah caranya?

Memohon Perlindungan kepada Allah SWT dari Godaan Syetan

Membaca : TAUDZ (Audzubillah himinasy syaiton nirrojiim) + Basmalah. Aku berlindung kepada Allah dari godaan Syaitan yang terkutuk. Mengapa begitu penting? Karena Khusyuk sangatlah dibenci oleh Syeitan. Maka ketika kita sholat seringlah otak kita diganggu olehnya. Beberapa hal yang akan terjadi ketika syetan telah mengganggu kita dalam sholat :
a. Ketika sholat kita bahakan memikirkan/menyusun program-program yang akan dilakukan setelah sholat.
b. Dahsyatnya, agar manusia tidak boleh mendapatkan kekhusyu'an, Syetan pelan-pelan mengingatkan kita tentang Barang yang telah hilang.
c. Terkadang ketika Ruku atau Sujud, agan-agan meraskan kentut
Itu juga sebenernya perbuatan syetan gan, jadi ia berupaya agar ngebuat ente pikirannya batal dan menggangu sholat. Pada Intinya, selama gak ada suara tuuuuuuut dan bau telur busyuk yakinlah bahwa itu bukan kentut
d. Ketika Sholatpun kita suka lupa udah berapa rakaat ini

Berdoa kepada Allah agar sholatnya Khusuk
Niatkan dalam hati "Ya Allah saya berlindung kepadaMu dari ketidakhusyuan dalam sholat"

Buatlah Lingkungan Sholat Anda Nyaman

Dengan membuat lingkungan nyaman sesuai apa yang kita miliki, maka sholatpun akan terasa ringan dan tumaninah:
a. Gunakan sejadah yang menurut ente nyaman (yang empuk)
b. Menggunakan pewangi ruangan
c. Membersihkan daerah yang menjadi tempat sholat (agan gak mau kan kalo sholat ngeliat (maaf)kotoran cicak didepan agan

Usahakan Menghadap Tabir/Dinding

Karena dengan menghadap dinding/tabir kita tidak akan melihat aktifitas orang lain, sehingga kita dapat fokus

Pakailah Baju yang Sesuai

Maksudnya sesuai adalah baju yang anda kenakan tidak memiliki gambar atau tulisan-tulisan yang menarik perhatian jamaah dibelakang anda. Hal ini akan meminimalisir jamaah yang ada dibelakangnya untuk meleng dan melihat baju jemaah depannya. karena faktanya gan, kalo kita sholat berjamaah dimesjid dan didepan ente ada orang mengenakan pakaian yang ada tulisan/gambar pasti kita akan melihat kesana dan konsentrasi akan hilang

Mengerti Arti Bacaan Sholat

Dengan mengerti bacaan sholat, agan pasti akan benar-benar khusyuk dalam sholat. Karena taukah agan? bahwa bacaan sholat, terkandung doa yang artinya sangat laur biasa bagus yang dapat membuat kita menangis. Memang berat menghafal seluruh arti bacaan sholat, tips dari ane hafalkan terlebih dahulu yang pendek pendek. Seperti :
1.Arti Surat Al-Fatihah
2.Bacaan Ruku, Sujud
3.Duduk diantara dua Sujud

Menganggap Sholat Yang Sedang Dilakukan adalah Sholat Terakhir

Setiap manusia maupun jin tidak ada yang mengatahui secara pasti apa yang akan terjadi di masa yang akan datang termasuk hari kematian. Anggap saja kita akan meninggal dunia saat sholat berlangsung maupun setelah sholat. Orang mukmin yang tahu dia mau wafat maupun mau kiamat besar, maka orang itu akan segera meningkatkan ibadahnya serta menjalankan ibadah dengan sebaik-baiknya.

No comments:

Post a Comment