Wednesday 15 August 2012

Julia Child, Chef Master Masakan Prancis di AS

Pasti banyak orang yang tidak mengenal Julia Child. Sosok ibu ini adalah seorang pembawa acara masak di televisi Amerika Serikat. Julia Child adalah seorang tukang masak dari Amerika Serikat, penulis dan orang pertelevisian. Dia lahir pada tahun 15 Agustus 1912 di Pasadena, California. Dengan tubuh yang jangkung, pada masa mudanya, Julia senang bermain tenis, golf dan basket. Pada tahun 1934, Julia lulus dari Smith College dengan gelar sarjana bahasa Inggris, namun pada tahun 2004 lalu, pihak universitasnya mengungkapkan bahwa ternyata gelar Julia yang sebenarnya adalah sarjana sejarah. Setelah lulus, dia pindah ke New York dan bekerja sebagai copywriter di perusahaan iklan.

Selama 3 tahun merantau, akhirnya Julia memutuskan untuk kembali ke California pada tahun 1937 dan menghabiskan waktunya selama 4 tahun sebagai penulis, bekerja di perusahaan iklan lokal dan menjadi sukarelawan. Pada saat pecah perang dunia kedua, Julia bekerja di Office of Strategic Services (OSS). Di tempat tersebut Julia bertemu dengan Paul Cushing dan menikah dengannya pada tanggal 1 September 1946. Setelah menikah, Julia dan Cushing berpindah tempat tinggal beberapa kali, mulai dari Washington, New Jersey sampai akhirnya dia menetapkan untuk tinggal di Paris, Prancis.

Di Paris, Julia ikut kursus memasak di Le Cordon Bleu selama enam bulan. Dengan gemblengan guru masaknya Max Bugnard, Julia akhirnya menguasai cara memasak masakan Prancis. Setelah itu, Julia kembali bergabung dengan klub masak khusus wanita bernama Cercle des Gourmettes. Di tempat tersebut dia bertemu Simone Beck yang diketahui sebagai penulis buku cara memasak masakan Prancis yang disesuaikan dengan lidah orang Amerika. Akhirnya, Julia dan temannya Louisette Bertholle beserta Beck bekerja sama untuk membuat buku panduan memasak masakan Prancis.

Dengan berbekal kemampuannya memasak masakan Prancis, buku panduan hasil karyanya dengan dua orang rekannya tersebut beredar sampai menembus jilid dua karena laris di pasaran. Julia mendapatkan USD 750 untuk lisensi resep masakannya. Bukunya tersebut menjadi buku panduan memasak dengan kategori bestselling selama 5 tahun setelah dipublikasikan dan menjadi panduan standard bagi komunitas kuliner. Tidak berhenti sebagai penulis saja, Julia juga mempublikasikan bukunya tersebut di publik Boston melalui acara televisi. Dikarenakan cara membawakan acaranya sangat hangat dan penuh humor, acara masak Julia tersebut langsung melejit dan menduduki top rating televisi pada saat itu. Sebelumnya, Julia meminta bantuan pihak televisi untuk publikasi hasil karyanya, setelah terkenal, dia banyak ditawari kerjasama oleh beberapa stasiun televisi di Amerika Serikat.
Saat berulangtahun
Acara-acara yang dibawakannya antara lain Mastering the Art of French Cooking, Good Morning, America (1970-an - 1980-an), Julia Child and Company (1978), Julia Child and More Company (1980) dan Dinner at Julia's (1983). Karena bakat dan ketenarannya tersebut, Julia dianugerahi George Foster Peabody Award di tahun 1964 dan Emmy Award pada tahun 1966. Dia menjadi satu-satunya wanita Amerika Serikat pertama yang membawakan acara masak dengan total 206 episode. 

Google Doodle 15 Agustus 2012
Selama 40 tahun berkecimpung dalam dunia masakan Prancis, namanya identik dengan makanan sehat dan menjadi tokoh masak paling terkenal sampai saat ini. Julia meninggal pada bulan Agustus 2004 karena penyakit gagal ginjal yang dia derita. Karena dedikasinya terhadap dunia masak dan masakan sehat tersebut, Google akhirnya memutuskan untuk mengangkat tema Julia Child sebagai penghias Google Doodle hari ini atau hari ulang tahun Julia yang ke 100.

No comments:

Post a Comment