Sunday 14 August 2011

Manfaat dan Fakta tentang Es Krim

Banyak orang tak melirik kala disodori cokelat dan es krim. Apalagi, wanita yang tengah berdiet. Kandungan kalori yang tinggi dari kedua jenis makanan ini diyakini menjadi penyebab melonjaknya berat badan. Namun, siapa sangka ada sederet manfaat di balik kelezatan makanan ini. Salah satunya, memberi rasa nyaman dan rileks pada orang yang mengonsumsinya. Menurut beberapa penelitian yang dilakukan, cokelat dan es krim mampu memberi ketenangan dan rasa rileks. Perasaan tenang dan nyaman dari cokelat ini diduga karena kandungan kafein, meski jumlahnya tidak sebanyak dalam kopi. Ada pula kandungan theobromine yang bersifat vasodilator, yakni menyebabkan pelebaran pembuluh darah.

Imbasnya, otot yang tegang menjadi rileks, dan jantung yang semula "lesu" pun jadi giat kembali. Kondisi ini membuat suasana hati yang murung menjadi riang. Khusus untuk es krim bisa dilihat hasilnya berdasarkan penelitian Institut Psikiatri London, Inggris. Beberapa sukarelawan mengaku merasa lebih nyaman setelah mengonsumsi es krim. Ternyata es krim memberi dampak positif pada bagian orbitofrontal cortex, yakni bagian depan otak yang menganalisis berbagai hal. Rasa tenang dan nyaman itu sangat mungkin ditimbulkan oleh kalsium karena bahan utama es krim adalah krim susu yang kaya akan kalsium. Kalsium dipercaya memberikan efek rileksasi bagi otot. Inilah yang memungkinkan seseorang merasakan perasaan tenang dan nyaman setelah mengonsumsi es krim.

MANFAAT BAGI KESEHATAN
Menjaga kesehatan jantung.
Mengonsumsi makanan yang kaya akan flavonoid berhubungan erat dengan rendahnya angka kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Diduga, kandungan flavonoid pada cokelat justru menjaga kesehatan jantung karena menghambat oksidasi LDL. Flavonoid pada cokelat juga berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini.

Merangsang sistem kekebalan tubuh.
Dengan memproduksi lebih banyak sitokin (protein yang diproduksi sebagai bagian dari sistem imun tubuh), maka cokelat bermanfaat dalam merangsang sistem kekebalan tubuh.

Menurunkan risiko terkena kanker payudara.
Berdasarkan penelitian Institute of Community Medicine, Universitas Tromso, Norwegia, dalam International Journal of Cancer, mengonsumsi 3 gelas atau lebih susu setiap hari dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara pada wanita pramenopause.

ANGGAPAN SALAH
Cokelat penyebab utama kerusakan pada gigi (karies).
Kerusakan gigi pada umumnya akibat sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan. Untuk menghindarinya, biasakan menggosok gigi segera setelah mengonsumsi cokelat.

Es krim penyebab batuk dan pilek.
Sama sekali tidak benar karena ketika masuk ke mulut, es krim dengan segera akan mencair. Mencairnya es krim dengan cepat dipacu oleh suhu tubuh individu yang mengonsumsinya. Dengan demikian, saat es krim masuk ke kerongkongan, suhunya sudah tidak sedingin air es. Meskipun demikian, es krim sebaiknya dihindari oleh penderita radang tenggorokan, amandel, atau asma. Ketiga penyakit tersebut dapat kambuh apabila terinduksi suhu dingin.


ES KRIM BERNILAI GIZI TINGGI
Es krim termasuk kelompok hidangan beku yang memiliki tekstur semipadat dan memiliki nilai gizi tinggi. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan es krim, antara lain lemak susu, padatan susu tanpa lemak (skim), krim, gula pasir, bahan penstabil, pengemulsi, dan pencita rasa. Sedikitnya 100 gram es krim yang berbahan susu memiliki 110-130 kalori dengan kandungan protein 2,5-3 gram.

FAKTA TENTANG ES KRIM
orang yang tidak suka es krim? Es krim atau "ice cream" adalah penganan lezat yang disukai oleh hampir semua orang dari berbagai kalangan dan berbagai usia. Akan tetapi, tahukah kamu, selain perbedaan rasa yang tersedia ada fakta-fakta menarik tentang es krim yang mungkin belum kita tahu.

1. Bentuk awal es krim diyakini sudah ditemukan di China pada 200 SM.
2. Kaisar Nero dari Kekaisaran Romawi memerintahkan budaknya ke pegunungan untuk mengumpulkan salju dan es untuk membuat es krim yang dicampur degan perasa tertentu selama abad pertama.
Es Yang di kumpulin Budak ...
3. Untuk membuat satu galon es krim, dibutuhkan dua belas galon susu.
1 galon susu aja segede gitu , apa lgi 13 banyak banget tuh susunya ... nyam - nyam ...
4. Tulisan tentang es krim pertama kali berbentuk surat yang berasal dari Amerika Serikat sekitar tahun 1700-an. Dalam surat ini, disebutkan tentang pesta yang diselenggarakan oleh Gubernur Maryland. Dalam pesta ini, es krim dihidangkan dan hadir sebagai tamu, George Washington.
5. Dalam satu kerucut es krim, kita membutuhkan 50 jilatan untuk menghabiskannya.
6. Toko es krim pertama di Amerika, dibuka di New York City pada tahun 1776.
7. Topping es krim yang paling disukai adalah sirup cokelat.
8. Amerika adalah negara yang mengembangkan es krim home-made pertama kali setelah freezer diciptakan pada tahun 1845.
9. Orang Amerika adalah konsumen terbesar es krim dengan jumlah mencapai 23 liter per orang per tahun. Yang kedua terbesar adalah Australia dengan kisaran 18 liter per orang per tahun.
10. Pada tahun 1924, masing-masing orang Amerika makan rata-rata 8 liter es krim per tahun. Pada 1997, angka itu meningkat menjadi 48 liter per tahun.
11. Pemakan es krim Amerika mayoritas bukan berasal dari dari negara-negara dengan iklim panas. Survei yang dilakukan di tahun 1999 menunjukkan orang Ohama, Nebraska makan es krim lebih dari Amerika lainnya.
12. Rasa es krim paling favorit di Amerika adalah vanilla.
13. Es krim sundae terbesar menurut Guinness World Book of Records dibuat pada tahun 1988 di Alberta, Kanada dengan berat 55.000.
14. Es krim berbentuk lolipop dan bar pertama kali diperkenalkan pada tahun 1920.
15. Es krim dengan bentuk kerucut es krim ditemukan pada tahun 1896 oleh vendor es krim di New York City. Bentuk ini kemudian dipatenkan pada tahun 1903.
16. Di Ellis Island, es krim dihidangkan sebagai bagian dari makanan menyambut imigran.
17. Air adalah bahan yang penyusun yang sangat penting dalam es krim seperti yang diperlukan untuk menjaga es krim lembut.
18. Satu dari setiap lima pecinta es krim memberikan es krim untuk hewan peliharaan mereka.
19. Presiden Ronald Reagan menetapkan bulan Juli sebagai bulan es krim nasional di Amerika Serikat.
20. Amerika Serikat menghasilkan 800 juta galon es krim setiap tahun.
21. Rasa yang paling favorit bagi es krim dengan bentuk loli adalah rasa ceri.
22. California, Indiana, Ohio, Texas dan New York adalah lima negara yang memproduksi es krim.
23. Pada tahun 2002, es krim terbesar dengan bentuk piramida dibuat. Es krim ini terdiri dari setidaknya 3000 sekop es krim dengan berat lebih dari 1000 pound.
24. Sebelum mesin pendingin diciptakan, es krim adalah sebuah makanan mewah disediakan untuk acara-acara khusus.
25.Orang pertama untuk memproduksi es krim dalam skala besar adalah Yakub Fussell dari Baltimore, Maryland.

No comments:

Post a Comment