Saturday 20 August 2011

Hewan-hewan Paling Berbahaya

Hutan Hujan dapat ditemukan diberbagai belahan dunia dan mendaapt ratusan pengunjung perharinya mengingat banyaknya keragaman hayati didalamnya. Diyakini para Peneliti bahwa separuh dari spesies hewan didunia berada di hutan hujan. Meski demikian, hutan dapat menjadi rumah bagi beberapa hewan yang paling berbahaya di dunia. Beberapa kasus kematian manusia yang diakibatkan hewan ini pernah menjadi perbicaraan hangat. Berikut adalah 10 jenis hewan paling berbahaya di dunia.

Anakonda Hijau
Anakonda Hijau ini dapat dengan mudah ditemukan di pedalaman hutan hujan amerika selatan. Seekor anakonda dewasa dapat mencapai berat 550lbs dengan panjang hingga 2 meter. Makanannya terdiri dari berbagai macam jenis burung, babi liar, kura-kura, rusa, caiman (buaya rawa) serta kapibara. bahkan sesekali, ular jenis ini pernah memakan seekor jaguar. Ular jenis ini juga perlu memastikan kematian mangsanya sebelum di makan utuh, hal ini dapat dilakukannya dengan melingkari tubuh mangsanya sekuat mungkin kemudian menelannya bulat-bulat. Dalam beberapa kasus, ular jenis ini juga pernah memangsa manusia.

Jaguar
Untungnya, Jaguar tidak ditemukan disemua jenis hutan diselurUH dunia. Hewan jenis ini hanya terdapat di Amerika tengah dan Selatan pada area hutan hujan. berbeda dengan cara Anakonda Hijau dalam membunuh mangsanya hingga sesak nafas, Jaguar justru membunuhmangsanya dengan menggigit dan menghancurkan bagian tengkorak mangsanya. Makanannya terdiri dari ular, rusa, buaya, monyet, peccary, penyu, telur, ikan, sloths dan katak.

Harimau Bengal
Harimau jenis ini mendiami area hutan hujan yang sebagian besar berada di asia terutama di hutan hujan asia tenggara. Harimau jenis ini adala jenis utama dari Harimau yang ada didunia. Harimau Bengal sebenarnya merupakan ras campuran antara Harimau dialam Liar dengan Macan. Harimau jenis hanya menyerang manusia jika merasa terancam.

Kodok Panah ber-racun
Jenis kodok ini adalah yang paling mematikan dari seluruh jenis kodok yang ada didunia. Sering ditemukan di hutan hujan amerika tengah dan selatan. Panjangnya sekitar 2 inci, jenis kodok yang sdsatu ini masih memiliki saudara yakni jenis "Kodok Ber-racun pundak Emas". Racun dari jenis kodok ini mampu membunuh sedikitnya 10 manusia dewasa.

Ular Gaboon
Jenis ular ini adalah yang paling umum ditemukan di hutan hujan bagian timur, barat serta bagian tengah Afrika. Makanan utamanya adalah burung, mamalia kecil serta beberapa macam jenis amfibi. Taringnya mengandung racun berbahaya yang bisa berakibat fatal dalam hitungan menit pada tubuh manusia dewasa.

Buaya
Buaya mampu ditemukan dihampir semua hutan diberbagai belahan dunia yang memiliki jalur sungai. Misalnya hutan amazon yang merupakan dari ratusan jenis buaya. Menjadi salah satu hewan paling berbahaya didunia, hewan jenis ini juga diyakini sebagai hewan tertua yang pernah diciptakan. Buaya juga dapat ditemukan di hutan yang terletak di afrika dan australia. Buaya memang sering menarik mangsanya ke air untuk mencegahnya bernafas.

Nyamuk
Anda mungkin tertawa jika membaca ini karena membayangkan nyamuk sebagai hewan paling berbahaya didunia. Tapi perlu anda ketahui, bahwa gara-gara nyamuk, ratusan pengujung tidak akan bisa mencapai Taman Nasional Sapo di Liberia. Malaria, adalah jenis penyakit yang disebarkan hewan satu ini pada daerah tropis dengan catatan kematian mencapai 3 juta orang setiap tahunnya. Dari jumlah ini, dengan jelas, nyamuk dikategorikan hewan berbahaya didunia. Nyamuk memerlukan darah manusia dengan cara menghisapnya, bagian yang dimasukka ke dalam kulit manusia adalah bagian bergeriginya. Sebagian orang mungkin tidak akan menyadari keharian hewan satu ini hinggap ditubuh mereka, Sebelum menghisap, hewan ini menginduksi jenis virus dibawah kulit. Beberapa hari setelah digigt, orang yang trinveksi akan mengalami demam dan nyeri sendi yang perlu segera dilakukan perawatan serius.

Boa Pohon Zamrud
Jenis hewan ini ditemukan disejumlah hutan diamerika selatan seperti Amazon dan Guyana, ukuran tubuhnya bisa mencapai 7.25 meter. Seringkali ditemukan didaerah rawa dan berawa di dhutan hujan. Membunuh mangsanya dengan melilit dan membuat kesesakkna pada mangsa. Makanan utamanya adalah burung dan jenis hewan pengerat.

Alligator
Alligator dapat ditemukan didaerah berawa dan beraw-rawa hutan hujan. Sama seperti buaya yang berbahaya, membunuh dnegan penglihatan yang mengerikan.

Kelelawar
Jangan anggap remeh hewan yang satu ini, mungkin banyak diantara anda yang menganggap hewan ini tidak berbahaya, besar kemungkinan anda apat dijangkiti penyakit tertentu yang bisa berakibat fatal bagi tubuh anda dalama jangka panjang.

No comments:

Post a Comment