Monday 29 October 2012

Cara Cerdas dalam melakukan Kredit Motor

Pilih yang disukai dan sesuai kantong
Banyak sekali motor-motor keluaran baru belakangan ini, dari yang hanya ganti nama, ganti model, ganti mesin dan juga ganti harga, ada model matik, bebek dan juga sport. Tentukan pilihan sesuai selera, tapi ingat harus sesuaikan dengan budget.

Mendatangi Dealer Motor

Ada baiknya jika sudah menentukan motor-motor pilihan agar datang ke dealer untuk sekedar bertanya, melihat langsung dan jika bisa test ride. Jadi sebelum membeli, anda juga bisa merasakan kualitas motor itu.

Ready Stock (Sedang Tersedia)
Terkadang jika  anda sudah menyukai satu motor,  anda mendapat kendala dengan proses Pemesanan. Sebisa mungkin cari motor yang ready stok agar bisa dengan cepat digunakan. Jika motor ready stock maka anda akan lebih cepat dalam memperoleh STNK. Lamanya mendapatkan STNK setelah motor diantar kerumah berkisar 2 pekan, jika harus Pemesanan anggaplah 2 pekan lamanya. Berarti bisa dibayangkan berapa lama anda akan mendapatkan STNK nya. Tapi jika memang anda mau dengan motor yang tidak ready stock, silahkan, tapi harus bisa dipastikan dengan pihak dealer berapa lama pastinya lama Pemesanan.

Lembaga pembiayaan yang berkualitas

Setelah anda menetapkan akan membeli sebuah motor yang benar-benar diminati dengan cara kredit, maka anda harus menentukan mana lembaga pembiayaan yang terbaik.

Memilih yang mudah dan murah

Setiap lembaga pembiayaan memiliki prosedur yang berbeda, jadi jangan pernah samakan peraturan antara lembaga pembiayaan yang satu dengan yang lainnya. Apa saja dokumen yang dibutuhkan? Dokumen yang umum dibutuhkan KTP, Kartu Keluarga, slip gaji, fotocopy buku tabungan, fotocopy rekening listrik, PLN, PBB, dll. Berapa besar rate bunga? Ini bisa anda bicarakan. Bisakah saya mendapatkan diskon DP yang seharusnya saya dapatkan? Setiap dealer pasti memberi diskon pada tiap motornya dan besarnya berbeda-beda. Jadi, cari tahu mana dealer yang bisa memberi diskon paling besar lalu bicarakan dengan marketing leasingnya untuk mengambil motor dari dealer yang anda tunjuk. Satu hal yang paling penting lagi yaitu semakin banyak batas waktu kredit, maka semakin besar keuntungan yang didapat perusahaan pembiayaan dan anda akan semakin banyak mengeluarkan uang untuk melunasi motor itu

Fasilitas
Jangan langsung tergiur dengan hadiah-hadiah yang diberikan, piring cantik, kipas angin, payung cantik, ricecooker. Tapi anda harus perhatikan fasilitas yang paling penting yang bisa anda pelajari dari poin-poin diatas

Banyak kemudahan dalam cara pembayaran
Banyak cara pembayaran yang diberikan oleh suatu lembaga pembiayaan. Carilah yang bekerja sama dengan banyak Bank yang ada di indonesia, jadi jika anda tidak bisa membayar langsung ke kantor cabang lembga pembiayaan tersebut anda bisa melakukan pembayaran dari fasilitas Bank yang anda gunakan seperti pembayaran lewat ATM, SMS Banking, Internet Banking, dll.

Keamanan BPKB yang menjadi Agunan (Barang Jaminan)
Disini yang membedakan, ada lembaga pembiayaan yang BPKB agunan milik konsumen diagunan-kan lagi untuk mendapatkan dana segar, ada juga BPKB di simpan dengan aman dan baik di tiap cabangnya, ada juga lembaga pembiayaan yang menempatkan BPKB agunan di lembaga-lembaga yang menyediakan fasilitas penyimpanan dokumen penting.

Memperhitungkan besarnya Denda Keterlambatan
Pastinya anda juga tidak mau mengalami keterlambatan dalam pembayaran. Tetapi ada suatu ketika anda dihadapkan dengan suatu kondisi dimana anda tidak bisa membayar angsuran dengan tepat waktu. Jadi supaya tidak merasa tertipu atau dipermainkan, maka sebaiknya pelajari masalah perhitungan besar denda.

Asuransi
Perusahaan asuransinya apa? Apa saja yang tercover oleh asuransi dan apa saja yang tidak? Berapa lama proses klaim asuransi? Dan dalam bentuk apa pengembalian asuransinya? Ini jangan sampai disepelekan. Anda juga tak ingin rugi karena sudah membayar DP yang besar dan angsuran yang besar tetapi hasil pengembalian asuransinya mengecewakan.

Sistem Pelunasan dan Pengambilan BPKB

Wajarnya cara pelunasan adalah anda membayar angsuran sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan. Tapi anda juga bisa melakukan prepayment (pembayaran/pelunasan dipercepat), memang akan dikenakan denda prepayment sebesar 5% dari hutang pokok, tapi anda harus tanyakan berapa besar potongan pembayaran yang diperoleh. Dan jika lembaga pembiayaan itu memang baik pasti bisa menyerahkan BPKB kapan saja pada saat anda melakukan pelunasan.

Terlambat Membayar dalam Jangka Panjang
Tanyakan berapa lama masa yang diberikan yang bisa ditolerir dengan tidak diberikan denda jika anda melakukan keterlambatan dalam pembayaran. Jika anda tidak bisa melakukan pembayaran dalam masa yang bisa ditolerir tersebut, apakah anda bisa mendapatkan waktu atau istilahnya JB (janji bayar) agar unit kendaraan anda tidak ditarik. Jangan sepelekan masalah JB tersebut, jangan salahkan pihak penagih jika mereka menarik unit kendaraan anda karena anda tidak menepati masa JB tersebut. Dan jika kendaraan anda ditarik tanyakan berapa lama waktu yang diberikan untuk bisa menebusnya kembali sebelum motor tersebut di lelang.

Pelajari FIDUSIA
Singkatnya Fidusia adalah pengalihan hak kepemilikan suatu benda atas dasar kepercayaan dengan ketentuan bahwa benda yang hak kepemilikannya dialihkan tersebut tetap dalam penguasaan pemilik benda. Sedangkan jaminan fidusia adalah hak-hak jaminan atas benda bergerak, baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud, dan benda tidak bergerak. Jadi dalam hal ini motor anda di fidusiakan oleh pihak lembaga pembiayaan. Maka, walau nama anda tertulis di STNK dan di BPKB sebagai pemilik kendaraan, tetapi selama anda belum melunasi hutang-hutang anda. Maka motor tersebut masih dianggap milik lembaga pembiayaan tersebut. Tiap lembaga pembiayaan pastinya akan mendaftarkan jaminan fidusia tersebut ke notaris sehingga ini bersifat legal. Jadi, jangan anda kira sejak fidusia diberlakukan maka pihak penagih tidak bisa dengan mudah menarik motor anda jika anda mangkir dari kewajiban membayar hutang. Malah yang ada teknis penarikannya sudah dianggap legal dan pihak penagih akan bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk menarik motor anda, penagih yang menarik barang dan polisi yang mangamankan prosesnya. Jika anda menolak dan berusaha menggagalkan proses penarikan tersebut, hati-hati anda akan dipidanakan.

No comments:

Post a Comment