Tuesday 2 October 2012

Tips Merawat Kacamata

Kacamata bukanlah sesuatu yang asing bagi kita semua. Tips penjagaan kacamata perlu diketahui oleh semua pengguna kacamata tidak peduli pengguna baru ataupun lama. Dengan penjagaan yang baik, usia kacamata mampu bertahan lama. Jadi tidaklah asyik harus tukar kacamata baru saja.
  1. Gunakan bekas kaca mata dengan ukuran yang sesuai, yaitu dari segi panjang, tinggi dan lebar. Bekas yang terlalu kecil akan merusakkan lensa dan bingkai. Sentiasa bungkus kaca mata dengan kain pembersih lensa sebelum menggunakan  kaca mata  agar lensa sentiasa dalam keadaan baik.
  2. Bingkai, lensa, pad hidung dan benang nilon mungkin akan terlihat sedikit buruk karena sering digunakan. Rutinlah melakukan pemeriksaan ke pakar optik setidaknya sekali dalam setahun untuk memeriksa kaca mata anda untuk menentukan bagian mana yang perlu diganti.
  3. Kaca mata tidak berbingkai lebih mudah patah dibanding kaca mata berbingkai keluli. Jangan coba memperbaiki kaca mata anda untuk menutupi kerusakan pada lensa atau bingkai.
  4. Jangan sesekali mengubah bentuk, memperbaiki atau mengubah bentuk kaca mata anda. Ini akan merusakkan bingkai. Bingkai kaca mata yang salah kedudukan akan menyakitkan hidung dan telinga atau bingkai tiba-tiba terjatuh. Lensa juga mungkin akan jatuh dari bingkai.
  5. Jangan mengelap kaca mata saat kering. Biasakan mencelup lensa ke dalam air untuk menghilangkan debu yang bisa menyebabkan lensa tergores. Basuh bingkai dan lensa sekerap mungkin dengan sabun lembut dan air mengalir bersih untuk menghilangkan minyak dan kotoran.
  6. Jangan coba membuka kaca mata anda menggunakan sebelah tangan. Ini mungkin akan menyebabkan kaca mata menjadi longgar atau patah. Selalu gunakan kedua tangan untuk menghindari kerusakan pada bingkai dan lensa.
  7. Pegang kaca mata dengan cermat sewaktu membersihkan lensa dengan memegang bingkainya. Gunakan tisu lensa atau kain yang sesuai agar lensa tidak rusak.
  8. Jangan meletakkan kaca mata diatas permukaan yang kasar karena lensa akan tergesek pada bagian permukaan dan menyebabkan ia terrgores.
  9. Jangan biarkan kaca mata di dalam mobil dan terkena lansung cahaya matahari.
  10. Jangan pakai kaca mata sewaktu di dalam sauna atau mandi uap.
  11. Hindarilah udara panas seperti dekat dengan air panas yang sedang mendidih.

No comments:

Post a Comment