Senin, 29 Oktober 2012

Pulau Hewan di Indonesia

Kebanyakan pulau di Indonesia dihuni oleh manusia. Namun beberapa pulau memiliki populasi hewan sejenis yang sangat banyak sehingga banyak orang menyebutnya dengan pulau hewan. Pulau seperti ini tidak semata-mata dihuni oleh spesies endemik, namun penyebutannya lebih karena populasinya yang sangat banyak. Berikut adalah pulau-pulau hewan di Indonesia:

Pulau Rinca, NTT

Lupakan pulau Komodo, anda tentu sudah tahu jika Pulau Komodo termasuk Pulau hewan karena memiliki komodo yang banyak. Namun bagaimana dengan Pulau Rinca? Pulau Rinca yang berlokasi di NTT juga memiliki populasi komodo yang banyak. Bahkan jumlah komodo disini lebih banyak daripada di Pulau Komodo. Jika tidak percaya, anda bisa datang langsung ke tempat ini dan menyusurinya. Dari bukit hingga ke pantai anda bisa menemukan banyak sekali komodo berkeliran. Karena komodo termasuk hewan buas, maka anda sebaiknya dipandu oleh ranger / pemandu khusus.

Pulau Biawak, Jawa Barat

Pulau Biawak di Jawa Barat juga merupakan pulau hewan di Indonesia. Sesuai dengan namanya, di tempat ini dipenuhi oleh banyak sekali biawak. Biawak suka berdiam di tempat ini karena terdapat hutan bakau yang merupakan habitat favorit mereka. Berbagai ukuran biawak mulai dari yang masih kecil hingga besar bisa anda temukan disini. Walaupun reptil ini tidak sebesar komodo, namun juga bisa sangat agresif dan menyerang manusia. Untuk itu anda harus selalu waspada jika berkeliling di sekitar tempat ini. Pulau ini bisa anda masukkan ke dalam destinasi wisata anda. Karena selain eksotis, perairan di tempat ini juga sangat jernih.

Pulau Kembang, Kalimantan Selatan

Jika anda ingin melihat ratusan monyet berkumpul bersamaan, anda bisa datang ke Pulau Kembang di Kalsel. Karena populasi kera memenuhi tempat ini, banyak orang yang menyebutnya pulau hewan. Jenis kera yang mendiami daerah ini adalah jenis monyet ekor panjang. Ini merupakan atraksi yang sangat menarik sehingga banyak wisatawan berdatangan ke tempat ini. Jika datang kesini, jangan lupa untuk membawakan kera-kera tersebut makanan favorit seperti pisang dan kacang.

Pulau Kalong, NTT

Pulau hewan di Indonesia berikutnya adalah Pulau Kalong di NTT. Perlu waktu sekitar satu jam untuk mengakses tempat ini dari Labuan Bajo. Populasi Kalong disini sangat banyak, ribuan atau bahkan puluhan ribu ekor. Anda bisa melihat mereka bergelantungan pada siang hari dan beterbangan pada malam hari. Namun ternyata tempat ini tidak terbuka untuk umum. Dengan begitu banyaknya kalong, otomatis populasi predator seperti ular juga banyak di tempat ini. Karena alasan keamanan, tidak ada orang yang berani masuk ke tempat ini.

Pulau Ular, NTB

Ini juga merupakan pulau hewan di Indonesia. Pulau ini dihuni oleh banyak sekali ular laut. Ular laut termasuk spesies yang tidak agresif jika tidak diganggu. Oleh sebab itu jika anda ingin berjalan-jalan di kawasan ini sebaiknya anda tidak bermain-main dengan ular tersebut. Jika anda ingin memegangnya sebaiknya minta petunjuk kepada penduduk lokal bagaimana cara memegang ular yang benar. Jika tidak ingin mengambil resiko, cukup lihat saja dan ambil beberapa foto jika diperlukan. Kebanyakan ular disini memiliki corak garis-garis dengan kombinasi warna hitam, putih, dan perak.[Source]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar