Minggu, 21 Oktober 2012

Fakta tentang Kuda Laut

Meskipun namanya kuda laut, makhluk hidup yang satu ini termasuk dalam jenis ikan dan bernafas dengan insang. Bentuk mulutnya yang seperti kuda inilah yang membuatnya berbeda dengan jenis ikan lainnya. Selain memiliki keunikan pada bentuk fisiknya, kuda laut juga punya sederet keunikan lainnya. Apa saja itu?

Bentuk dan Cara Berenangnya Unik

Kepala kuda laut membentuk siku-siku. Ukuran kepalanyanya bervariasi mulai dari 16-35 cm. Hewan ini bisa kita temui di perairan tropis bersama dengan ganggang laut dan tumbuhan lainnya. Di beberapa spesies, sebagian tubuhnya berwarna transparan, jadi nggak mudah terlihat oleh mata manusia. Tiap kali berenang, mereka selalu menganggukkan kepala ke atas dan ke bawah untuk bisa bergerak. Lucunya mereka nggak bisa menggelengkan kepala atau menoleh ke kanan atau ke kiri. Satu lagi, mata kuda laut dapat bergerak berputar 360 derajat dan melihat sekelilingnya dengan mudah, tanpa harus menggerakkan kepalanya.

Cara Makan Unik

Kuda laut punya cara makan yang unik. Mereka akan mengaitkan ekornya di rumput-rumput laut dan terumbu karang kemudian menghisap makanan serta plankton dengan moncong mereka. Makanan utama mereka adalah plankton dan hewan kecil seperti udang. Dalam sehari, kuda laut memakan lebih dari 3000 otak udang, lho.

Punya Perlindungan Unik

Hewan yang bernama lain Cavalluccio Marino ini memiliki kulit luar yang keras seperti batu. Kulit ini sering disebut baju zirah atau ‘baju besi.’ Fungsinya sebagai pelindung dari bahaya. Kulit ini sangat sulit untuk dihancurkan, bahkan dengan tangan manusia sekalipun.
 
Bisa Jadi Ayah Sekaligus Ibu

Kuda laut jantan memiliki tugas berat lho. Ternyata, merekalah yang mengandung dan melahirkan bayi-bayi kuda laut, bukan sang betina. Kuda laut betina hanya bertugas memproduksi dan mengeluarkannya telur. Kemudian, telur-telur tersebut disimpan dalam perut si jantan. Kuda laut jantan yang nantinya akan menjaga, membawanya sampai telur ini menetas, dan melepaskan bayi-bayi kuda laut ke air. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar