Thursday 4 October 2012

[Tahukah Anda] Bianglala Pertama di Dunia

Jaman dulu, Bianglala bisa dibilang sulit untuk ditemukan, tapi sekarang, jumlah peminatnya makin meningkat dan talagi sulit untuk ditemukan seperti di fun fair terdekat dikota anda. So, apakah anda tahu asal mula Bianglala? Ini penjelasannya..

Bianglala pertama didunia dibangun di Amerika serikat pada tahun 1893 untuk tujuan menandingi pembangunan Menara Eiffel di Paris, Perancis. Ditahun yang sama, World Fair diselenggarakan di Chicago dan Amerika sangat berambisis mencuri perhatian dunia, terutama perancis yang telah membangun Menara Eiffel. George Washington dan Gale Ferris memmutuskan untuk mengalahkan desain Perancis dengan memabangun sebuah Roda Baja Besar yang bisa berputar untuk menikmati pemandangan dengan jelas panorama Chicago dari udara.

Saat dibangun, Bianglala ini memiliki ketinggian  yang hampir setinggi gedung-gedung di Amerika pada masa itu yang didorong menggunakan dua buah mesin uap dengan kapasitas 1000tenaga kuda. Roda itupun dilengkapi dengan 36 buah kursi yang bisa memuat 60 orang pada setiap tempat duduknya. Ide tersebut berhasil merebut perhatian dunia dan yang mersepon pertama adalah Inggris yang kemudian menyebar ke seluruh Eropa.









No comments:

Post a Comment