Logo baru PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi digunakan sebagai coorporate identity, bertepatan dengan HUT Kereta Api yang ke-66 tahun. Logo tersebut merupakan hasil karya desainer muda Farid Stevy Asta (29 tahun) asal Yogyakarta yang mengikuti lomba desain logo yang digelar beberapa waktu lalu. Ditemui disela-sela acara Peringatan HUT Kereta Api ke-66 di Kantor Pusat PT KA Persero, Jalan Perintis Kemerdekaan Bandung, Farid menceritakan proses lahirnya desain baru logo Kereta Api. Ia mengaku mengetahui info tentang adanya lomba pembuatan logo dari temannya. "Saya ini termasuk pengguna setia kereta api loh. Kalau keluar kota, saya pilih pakai kereta api. Makanya pas tahu ada lomba itu, saya tertarik sekali. Bukan hanya sekedar ingin ikut lomba, tapi saya memang cinta kereta api," kata Farid. Pria kelahiran Yogyakarta 20 Oktober 1982 itu bahkan langsung membayangkan jika desainnya terpilih maka ia bisa melihatnya saat naik kereta suatu hari nanti. "Iya, saya langsung membayangkan bagaimana rasanya kalau desain yang saya buat itu ada di kereta. Pasti senang sekali. Eh sekarang beneran jadi kenyataan," tuturnya.
Sambil mengerjakan pekerjaan utamanya yang juga merupakan desainer profesional di sebuah studio desain Libstud di Yogyakarta, Farid dengan sabar mengerjakan desainnya. Seminggu lamanya ia mengerjakan desain logo tersebut. Ia pun mengirimkan sebuah logo, dari beberapa logo yang telah ia buat. Farid pun menunggu proses penjurian hingga akhirnya ia dihubungi pihak PT KA yang mengabarkan bahwa desainnya terpilih. Farid sendiri mengaku sanggat menyukai logo sebelumnya, karena itu dalam proses pembuatan logo barunya ia pun mentransformasi logo lama hingga akhirnya jadi logo yang baru.
"Logo yang lama itu kan dipakai sejak tahun 1997, makanya saya awalnya juga agak heran kok sudah mau diganti. Karena saya sebenarnya suka logo yang itu, makanyas aya tidak mau meninggalkan nilai yang sudah ada di desain itu. Jadi secara visual saya melakukan transformasi dari logo lama hingga jadi yang ada saat ini," tutur Farid yang juga hobi melukis itu. Atas terpilihnya logo Farid tersebut, ia pun berhak menerima hadiah uang tunai sebesar Rp 200 juta. "Uangnya untuk keluarga, sama untuk bikin album," kata Farid yang mengaku punya band bernama Festivalis.
Desain milik Farid tersebut dinamai Next Step, 3 garis melengkung melambangkan gerakan dinamis PT KA dalam mencapai visi dan misinya. Dua garis warna orange melambangkan proses Pelayanan Prima atau kepuasan pelanggan yang ditujukan pada pelanggan internal dan eksternal. Anak panah berwarna putih melambangkan Nilai Integritas yang harus dimiliki insan PT KA dalam mewujujdkan pelayanan prima. Satu lengkung berwarna biru melambangkan semangat inovasi yang harus dilakukan dalam memberikan nilai tambah pada stakeholders.
Sambil mengerjakan pekerjaan utamanya yang juga merupakan desainer profesional di sebuah studio desain Libstud di Yogyakarta, Farid dengan sabar mengerjakan desainnya. Seminggu lamanya ia mengerjakan desain logo tersebut. Ia pun mengirimkan sebuah logo, dari beberapa logo yang telah ia buat. Farid pun menunggu proses penjurian hingga akhirnya ia dihubungi pihak PT KA yang mengabarkan bahwa desainnya terpilih. Farid sendiri mengaku sanggat menyukai logo sebelumnya, karena itu dalam proses pembuatan logo barunya ia pun mentransformasi logo lama hingga akhirnya jadi logo yang baru.
"Logo yang lama itu kan dipakai sejak tahun 1997, makanya saya awalnya juga agak heran kok sudah mau diganti. Karena saya sebenarnya suka logo yang itu, makanyas aya tidak mau meninggalkan nilai yang sudah ada di desain itu. Jadi secara visual saya melakukan transformasi dari logo lama hingga jadi yang ada saat ini," tutur Farid yang juga hobi melukis itu. Atas terpilihnya logo Farid tersebut, ia pun berhak menerima hadiah uang tunai sebesar Rp 200 juta. "Uangnya untuk keluarga, sama untuk bikin album," kata Farid yang mengaku punya band bernama Festivalis.
Desain milik Farid tersebut dinamai Next Step, 3 garis melengkung melambangkan gerakan dinamis PT KA dalam mencapai visi dan misinya. Dua garis warna orange melambangkan proses Pelayanan Prima atau kepuasan pelanggan yang ditujukan pada pelanggan internal dan eksternal. Anak panah berwarna putih melambangkan Nilai Integritas yang harus dimiliki insan PT KA dalam mewujujdkan pelayanan prima. Satu lengkung berwarna biru melambangkan semangat inovasi yang harus dilakukan dalam memberikan nilai tambah pada stakeholders.
No comments:
Post a Comment