Friday 6 July 2012

Hewan Unik yang berusia panjang

Untuk manusia, tentu tak sedikit yang mengharapkan umur panjang. Banyak cara ditempuh untuk itu, diantaranya menjaga hidup tetap sehat dengan mengatur gaya hidup dan aktivitas, tetapi tak jarang pula ada sebagian orang melakukan upaya medis tertentu yang diyakini dapat memperpanjang usia. Menurut data Biro Pusat Statistik, dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Bahkan pada 2025 nanti, harapan hidup orang Indonesia diproyeksikan bisa mencapai rata-rata 73 tahun. Artikel ini bukan membahas bagaimana cara hidup untuk meraih umur panjang, atau berapa rata – rata masa hidup manusia. Adalah hewan yang menjadi objek artikel kali ini, namun tetap berkaitan dengan umur panjang. Dibawah ini adalah beberapa hewan yang mempunyai usia diatas rata – rata manusia, bahkan hingga mencapai angka ratusan tahun. Berikut daftar hewan tersebut:

Paus Bowhead (116 tahun)
Beberapa Hewan Mempunyai Umur Panjang, Bahkan Hingga 200 Tahun Jenis Paus ini merupakan paus terbesar kedua setelah paus biru. Memiliki lindungan lemak yang menutupi kulit, untuk beradaptasi dengan baik di habitatnya, yaitu Kutub Utara dan lautan Arktik. Paus Bowhead memiliki tonjolan pada hidungnya, yang untuk menghancurkan es ketika ingin bernapas ke permukaan. Hewan yang bernama latin balaena mysticetus ini memiliki mulut dengan panjang 4,9 m, tinggi 3,7 m dan lebar 2,4 m, serta memiliki berat tubuh hingga 75 ton. Bagian lidahnya saja bahkan memiliki berat hampir 1 ton. Merupakan mamalia yang dapat hidup paling lama di dunia, Bowhead yang tertua bisa berumur hingga 211 tahun.

Burung Kakatua (213 tahun)
Beberapa Hewan Mempunyai Umur Panjang, Bahkan Hingga 200 Tahun Jenis burung hias yang memiliki bulu yang indah dengan lengkingan suara yang cukup nyaring. Spesies ini termasuk salah satu burung dengan kecerdasan yang cukup bagus, sehingga sering digunakan untuk acara – acara hiburan di kebun binatang atau tempat hiburan lainnya. Fauna ini hidup pada ketinggian 0 – 1.520 meter dari permukaan laut dan biasanya berkelompok. Kakatua pada umumnya berusia panjang, hingga mencapai 60 tahun bahkan lebih.

Gajah Asia (38 tahun)
Beberapa Hewan Mempunyai Umur Panjang, Bahkan Hingga 200 Tahun Gajah Asia (elephas maximus), memiliki telinga lebih kecil sedikit daripada gajah Afrika, mempunyai dahi yang rata, dan dua bonggol di kepalanya. Penyebaran hewan pemakan tumbuhan ini meliputi India, Asia Tenggara termasuk Indonesia bagian barat dan Sabah (Malaysia Timur). Meskipun berbadan besar, gajah adalah hewan perenang yang handal. Mereka dapat berenang selama 6 jam dan menempuh jarak hingga 50 km, gajah Asia cenderung berumur panjang, dengan usia tertua yang diketahui mencapai 86 tahun.

Tuatara (46 tahun)
Beberapa Hewan Mempunyai Umur Panjang, Bahkan Hingga 200 Tahun Tuatara merupakan anggota keluarga dari reptil yang menyerupai kadal. Hewan ini merupakan satwa khas di negara Selandia Baru, dan hidupnya menyebar di antara 30 kepulauan negara tersebut. Tuatara memiliki warna tubuh coklat kehijauan, dan memiliki panjang tubuh sekitar 80 cm. Hewan yang bernama latin sphenodon punctatus ini sudah ada sejak zaman dinosaurus, sekitar 200 juta tahun yang lalu. Oleh karena itu, tidak heran jika Tuatara dapat mencapai umur lebih dari seratus tahun. Bahkan, seorang peneliti pernah menemukan Tuatara yang masih dapat bertelur pada umur 111 tahun.

Kura Kura Galapagos (54 tahun)
Beberapa Hewan Mempunyai Umur Panjang, Bahkan Hingga 200 Tahun Kura-kura Galapagos merupakan jenis kura-kura terbesar yang masih ada. Kura-kura ini memiliki berat mencapai 400 kilogram dan panjang hingga 1,8 m. Hewan ini memiliki tempurung raksasa, kaki besar, dan berleher panjang. Di habitatnya, yaitu Kepulauan Galapagos, Samudra Pasifik diperkirakan hanya tersisa 20.000 ekor. Oleh karena itu daerah Kepulauan Galapagos ditetapkan sebagai daerah cagar alam untuk melindungi keberadaan salah satu jenis kura-kura terbesar ini. Ciri khas dari kura-kura Galapagos ini adalah umur hidup mereka yang panjang yaitu diatas 100 tahun.

No comments:

Post a Comment