Monday 17 October 2011

Shaun si Domba dan Oscar Oasis (Kartun)

Shaun si Domba (Shaun the Sheep)
Shaun si Domba (Shaun the Sheep) adalah serial kartun anak-anak yang siproduksi oleh Aardman Animations dan dikomisioner oleh BBC dan WDR. Pertama kali ditayangkan di CBBC tahun 2007 di Inggris, tridir atas 80 Episode yang dibagi dalam 2 musim.

Dalam penggambarannya, Shaun adlaah seekor Domba muda dengan kecerdasan seperti manusi seperti kreativitas dan perilakunya dalam lingkungan pertanian, dan biasanya menyediakan solusi untuk menyelesaikan konflik sbelum 1 episode berakhir. Setipa Episode selalau beradegan Slapstick dengan komedi diam yang klasik dengan gaya animasi yang mudah dimengerti. Tak ada dialog yang diucapkan, bahkan oleh karakter manusia. Ini jelas mengingatkan kita pada serial kartun Pingu dan Mr. Bean. Akan tetapi, geraman yang sederhana, cara mereka mengembik dan mendesah digunakan untuk menambahkan ekspresi halus untuk masing-masing suasana hati dan perasaan pada berbagai karakter.

Lagu tema Serial ini adalah lagu yang berjudul "Life's a Treat" yang dinyanyikan oleh Vic Reeves. Shaun the Sheep secara resmi pertama kali dirilis oleh Wallace & Gromit.

Karakter
Shaun: Karakter utama bersifat Protagonis dari semua episode dan menjadi Pemimpin Kawanan Domba. Dia adalah Domba trpintar dan memiliki ikatan persahabatan yang baik dengan Bitzer, Anjing si Peternak.
Bitzer: Anjing Gembala si Peternak dan bersahabt baik dengan Shaun. Kebijakannya selalu melindungi kawanan Domba dari berbagai kesulitan.
Shirley: Domba tergemuk, bulunya yang tebal sering dijadikan tepat penyimpanan berbagai peralatan penting. Makannya juga terbilang banyak, dalam sebuah episode dia berlatih keras untuk menjadi kurus, setelah mencapai berat ideal, dia kemudian terlempar ketruk bermuatan makanan lezat dan dalam beberapa menit saja, tubuhnya kembali menjadi gemuk.
Timmy: Domba balita yang merupakan sepupu Shaun. Kehadiran Ibunya membuatnya merasa aman. Dia juga pernah menjadi pemeran utama dalam sebuah episode Shaun the Sheep "Timmy' TIme".
Ibu Timmy: Domba perempuan yang mengenakan pengeriting rambut, dan agak ceroboh jika diberi tugas beberapa hal, seperti menjadikan Timmy sebagai Kuat untuk mengecat. Dalam sebuah episode dia pernah stress berat saat kehilangan Timmy, namun dihibur oleh domba lainnya hingga anaknya kembali ditemukan. Dia merupakan Bibi Shaun.
Th Flock: Domba yang agak tolol dan sringkali membuat kerusakan bersama keluarganya, meskipun pada akhirnya Shaun dan Bitzer yang memilah-milah kekacauan yang dilakukannya.
Peternak/Petani: Pengelola peternakan dan Pertanian, anjing bernama Bitzer seringkali menemaninya.
Trio Babi: Kelompok yang antagonis dari serial ini, sering memusuhi para Domba dan membuat mereka berada dalam kesulitan. Mereka takut terhadap Bitzer yang seringkali menasehati mereka. Mereka adalah pengganggu bagi kawanan Domba, hal ini pernah diungkap dalam sebuah episode khusus berjudul "Pig Trouble" seri kedua.
Pidsley: Seekor kucing, karakter minor dimusim pertama dan menjadi karakter utama dimusim kedua. Dimusim kedua dia digambarkan suka mencari-cari perhatian sang Peternak/Petani, seringkali cembur dengan kedekatan Bitzer dan Tuannya, dia juga tidak menyukai domba karena menganggap mereka hanyalah sekumpulan hewan yang bodoh dan merasa lebih pintar dari mereka.
The Rooster: Pernah muncul sekali diepisode "Sheepwalking", dalam episode tersebut dia ditenang keluar oleh salah satu
Chick si Bayi: Suka mengganggu shaun dan Kawanan Domba lainnya.
Bebek: di Seri pertama, mereka pernah kehilangan tempat tinggal. dan diseri kedua, mereka dignati dengan bebek berbulu putih.
Banteng: Agresif, kuat dan mudah diprovokasi, dan benci (marah) dengan smemua hal yang berwarna merah.
Burung-burung: Pernah terlihat sesekali dalam beberapa episode.
Lola: Pacar Shaun, dia adalah tamu khusus dalam episode "Two's COmpany", dia bahkan pernah bergabung dengan kumpulan domba yang dipimpin Shaun yang diklaim adalah rumahnya.
Pria Pengirim Pizza: Pria muda yang mengendarai Moped dan bekerja di Restoran Pizza lokal. Juga pernah menjadi tukang pos di episode "Saturday Night Shaun"
Keponakan Petani: Gadis kecil balita yang terlalu antusias ingin tahu masalah hewan.
Supir Bus: Pernah dihadang oleh kawanan Domba dalam episode "Sheep on the Loose" dan "Takeaway".
Para Nenek: Pemarah, para wanita tua yang cupet, muncul diepisode "Takeaway" dan "Save the Tree". Juga pernah muncul di "Two's Company", memegang gerobak di episode "The Big chase".
Pacar Petani: Pertama kali muncul di Seri kedua.
Keluarga Alien: Muncul dalam episode "Shaun Encounters", terdiri dari 2 orang dewasa dan 2 orang anak-anak. Fisik mereka berupa tubuh berwarna hijau dan satu mata besar dikepalanya. Sang ibu mengenakan baju sperti nenek-nenek sementara sang suami mengenakan kemeja Logam.
The Lone Alien: Pertama muncul di "The Visitor", mirip anggota keluarga Alien. Memiliki mesin yang dpat menganalisa karakteristik hewan, termasuk apa yang disuaki dalam kehidupan.
Ilmuwan Alien: muncul di episode "Cat Got Your Brain" diseri kedua yang pada kala itu Shaun dan pindsley diculik.

Serial ini akan diadaptasi kelayar lebar yang saat ini sedang dikembangkan. Perkiraan akan dirilis antara tahun 2013-2014.



Oscar Oasis  
Oscar Oasis adalah kartun animasi non-verbal yang diproduksi oleh TeamTo dan Tuba Entertainment dalam kerjasama dengan Cake Entertainment berdasarkan siaran asli di Disney Channel Asia. Oscar Oasis juga diciptakan di Nintendo 3DS 3D di Australia dan Eropa. Oscar adalah kadal yang hidup di Gurun yang tidak diketahui namanya, penggambarannya kadang terlihat seperti gurun sahara atau padang pasir di Amerika Utara. Seringpula ditampilkan jalan beraspal yang ada digurun tersebut yang dilalui oleh sebuah truk sesekali. Ada banyak sampah yang terdapat di gurun tersebut yang sering menjadi bahan bagi mereka untuk menghibur diri. Oscar biasanya mencari air atau makanan untuk dirinya, dan bahkan seringkali menemukan botol berisi cairan.
Oscar juga suka makan telur dan biasanya diambil dari para kawanan ayam terdekat dengan cara mencuri. Oscar tidak hidup sendiri disana, ada juga kawanan aneh yang sering berkemah dan menjadi bahan pengganggu Oscar, Harchi (Hyena), Popy (Rubah Gurun) dam Buck (Burung Bangkai), mereka bertiga sering terlihat tinggal di sebuah RV minibus. Penggambaran gurun juga terkadang memiliki jurang yang tinggi dan dalam. Jumlah episode seluruhnya adalah 78 dan setiap episode berlansung selama 7 menit.

Karakter
Oscar: Karakter utama serial ini, dia adalah kadal yang selalu mendapat masalah ketika bertemu dengan trio kawanan aneh, Popy, Buck dan Harchi serta para ayam pada episode tertentu. Ia selalu berusaha mencari air dan terkadang menagkap lalat untuk disantap. Acapkali ia menemukan sesuatu yang menarik, trio kawanan aneh seringkali mencoba mengambil hal tersebut dari oscar. Pengisi suaanya adalah Hiroaki Miura
Popy: Seekor Rubah Gurun, bos dari Trio kawanan aenh yang suka memerintah. Pengisi suaranya adalah Megumi Matsumoto.
Buck: Seekor Burung Bangkai, hewan yang paling kutu buku dari kawanan ini, ia selalu mendukng Popy kala membentak Harchi. Pengisi suaranya adalah Takayuki Kondo.
Harchi: Seekor Hyena, berkarakter Idiot dan sangat kuat. Larainya sangat kencang, makanya selalu diberi pekerjaan fisik. Pengisi suaranya adalah Shuhei Sakaguchi.
Monolo: Seorang supir truk yang mengankut berbagai barang bawaan dalam beberapa episode. Dia sering trtidur ketika mengemudi smeentara Roco, anjing peliharaanya terpaksa mengambil alih kemudi truk. Pengisi suaranya adalah Yasuhiko Nemoto.
Roco: Anjing peliharaan Manolo yang setia, dia berusaha menjaga barang muatannya aman dari kejahilan Oscar dan trio kawanan aneh. Pengisi suaranya adalah Tshihiko Seki.
Pacar Oscar: Kadal perempuan yang berwarna hijau, dalam sebuah sepidoe dia terlihat seperti bayi kadal. Pengisi suarantya adlaah kumi Yamakado.
Kelompok Ayam: Yang unik dari kelompok ini adalah mata mereka yang setengah tertutup dan terlihat dan terkesan cuek dengan segala sesuatu, penampilan mereka kadang membosankan. Seringkali mengejar Oscar saat mencuri telur-telur mereka dan menghajar Oscar beramai-ramai. Pengisi suaranya adalah Mikako Komatsu, Eiichiro Tokumoto oleh pencipta suara, Sayaka Narita.
Kawanan Buaya: Kawanan buaya gurun yang paling ditakuti dan terkenal sebagai predator ganas. Pengisi suaranya adalah Hikaru Hanada.
Skunk: Hewan yang sangat takut terhadap Oscar namun ditakuti oleh trio kawanan aneh, popy, harchi dan Buck. Dia seringkali mengambil Buah dari 3 kawanan aneh ini. Pengisi suaranya adalah Junichi Sugawara.
Junior: Anak Oscar yang hanya ditampilkan satu episode, ukuranya lebih tinggi dan lebih besar dari Oscar.

No comments:

Post a Comment