Saturday 15 October 2011

Gangguan pada Anak

Pendidikan Khusus tlah brkembang pesat disepanjak abad ke-20 , kita pun kini tak lagi memandang orang dewasa / anak-anak yang ccat sebaagi orang yang terbelakang. Banyak buku yang mengambil Istilah Keterbelakangan. Berikut adalah 10 hal yang menjadi gangguan cacat kecil ppada anak-anak:

Cacat dalam Belajar

Gangguan ini bisa mempengauhi kinerja otak dalam menerima dan memproses informasi. Ketidakmampuan anak dalam belajar adalah masalah besar dalam hal kecerdasan. Contoh: Disleksia

Berbakat

Tidak ada definisi tentang kata Bakat. Banyak yang melihat anak yang berbakat adalah Anak yang kreatif dan memiliki gairah ingin tahu. Mereka juga cenderung memiliki kemampuan yang baik dibidang akademis. Rasa ingin tahu yang berlebihan dan kemampuan dalam memahami, mepertahankan dan mensinteriskan infomasi adalah hal umum yang dialami anak dengan gangguan ini.

Gagap

Bentuk kegagalan berbahasa dan pengucapan yang dikarenakan gangguan ini bisa mengganggu perkembangan otaknya dalam hal pengetahuan yang mendasari bahasa orang disekitarnya.

Gangguan Perkembangan Keterampilan

Gangguan inilah yang terparah yang bisa menyerang 10 atau 15 dari 10000 anak diseluruh duia. Keterampilan Intelektual, penanggapan terhadap apa yang dilihat, suara dan bau serta indra-indra lainnya termasuk kemampuan memahami suatu bahasa dan bebicara adalah hal-hal yang bisa dipengaruhi kuat oleh gangguan ini. Anak penderita gangguan ini biasanya sering melakukan gerakan-gerakan yang aneh. Contoh: Autsime

Gangguan Afektiv Musiman

Gangguan jenis ini bisa memunculkan depesi pada anak-anak di musim dingin atau panas dan aktif selama musim gugr dan musim semi. Perubahan suasana hati biasanya dipengaruhi oleh berubahnya musim serta ketidakmampuannya dalam menyesuaikan diri dengan variasi musim yang ada.

Gangguan Perkembangan

Gangguan jenis terjadi pada tahap tertentu dalam perkembangan anak dan seringkali menunda perkembangannya. Contoh Sindrom Downe

Perilaku Luar Biasa
Organisasi Kesehatan Mental Dunia menilai perilaku ini lebih disebabkan masalah Emosiaonal anak yang merupakan dampak dari lingkungan Perspektif Psikodinamik dan Psikososial.

Ganguan Saraf

Ini adalah gangguan sistem saraf tubuh dibagian sum-sum tulang belakang dan susunan saraf, tapi tidak berdampak kelainan pada otak mereka. Contoh: Sindrom Tourette dan Palsy Celebral

Tuli
Kemmapuan untuk mendeteksi frekuensi suara tertentu akan hilang atau sulit / kurang didengar oleh sipenderita. Gangguan ini mempengaruhi sistem pendenganran seseorang.

Buta
Kondisi ini lebih disebabkan oleh faktor Psikologis dan Sistem Saraf mereka. Mereka mungkin bisa buta, tapi ketajaman visual mereka justru menjadi 20/60.

No comments:

Post a Comment