Tuesday 26 July 2011

Kesalahan, Hewan dan Jargon Unik dalam Film 'Alice in wonderland"

KESALAHAN ADEGAN DALAM FILM “ALICE IN WONDERLAND”

1.     Adegan di awal film ketika ayah Alice yang bernama Mr Charles Kingsleih yang akan merantau dan berdagang rempah rempah  ke berbagai kota di dunia dan beliau mengatakan  salah satunya kota yang akan di singgahi adalah Jakarta. Yang membuat saya tertawa adalah Kota Jakarta di tahun 1770-an?? sungguh aneh sekali karena penamaan Jakarta baru di mulai pada tahun 1942-an ketika Jepang sedang menjajah Indonesia begitu menurut buku sejarah yang saya ketahui. Karena pada waktu itu nama Jakarta masih Batavia jadi sangat mustahil kalau namanya Jakarta. Yang saya takutkan bagi yang tak tahu jangan jangan pengganti nama Kota Batavia menjadi Kota Jakarta adalah bapaknya si Alice in Wonderland karena tahun 1770-an sudah manggil lota Batavia dengan sebutan kota Jakarta.

2.  Ketika Alice pergi memikirrkan usulan Hamish untuk menikahinya dan mengejar Kelinci Putih, sepatunya terlihat datar, tapi saat terjatuh dilubang, sepatunya memiliki hak / peninggi.

3.      Kalung Alice saat jatuh dan berada di Underland (Alice menyebutnya Wonderland) telah hilang, tapi saat dia kembali ke dunia nyata, kalung itu ada lagi.

4.    Saat meminum minuman botol bertuliskan “Drink Me (Minum Aku)”,  baju dalamnya mengecil bersama tubuhnya dan membentuk gaun, sedangkan gaun yang dipakai saat acara pertunangannya dengan Hamish masih dalam bentuk normal.
5.    Saat memakan kue bertuliskan “Eat Me (Makan Aku)”, gaunnya juga ikut membesar bersama tubuhnya.
6.    Kunci yang dipegangnya tidak ikut mengecil bersama tubuhnya saat kembali meminum minuman botol bertuliskan “Drink Me”.
7.    Saat Hatter membuka poci ditempat Alice disembunyikan, Hatter mengambil sehelai kain dari gaun Alice dan membentuk Gaun dengan sangat cepat dan cekat. Padahal diketahui, Hatter adalah pembuat topi terbaik di Underland.
8.    Saat Hatter bercerita tentang Pedang Vorpral, fakta sebenarnya, Pedang itu hanya boleh digunakan untuk membantai Jubberwocky, tapi Pedang itu dalam khayalannya digunakan oleh Prajurit Catur Putih untuk melawan.
9.    Saat Alice ditemukan Ratu Merah, dia dalam keadaan raksasa karena diberi kue Upelkuchen dan tanpa menggunakan busana, padahal diawal dia memakan kue yang sama dan gaunnya juga ikut membesar. Selain itu, ada node kue dibibirnya, tapi saat pindah kamera, noda itu lansung hilang tanpa pernah terlihat tangannya mengelap mulutnya. Selain tiu pual, dalam istana Ratu Red, setelah ditangkap Mad Hatter, Anda akan melihat mural besar di dinding di sekeliling pintu. Di sana Anda dapat melihat Ratu Merah naik Jabberwocky dalam baju besi tampak sama seperti Alice kemudian memakai.
10.    Saat Mc Twisp (Kelinci) berusaha mencuri Peta tempat Pedang Vorpral disimpan, dia bersembunyi disamping Budak Monyet Kerajaan, tapi dia tidak terlihat oleh Ratu Merah padahal dengan jelas tubuhnya terlihat.
11.    Tak terlihat wajah takut Alice saat memasuki kastil kecil tempat disimpannya Pedang Vorpral yang dijaga Bandersnitch, padahal makhluk itu pernah melukainya.
12.    Adalah hal aneh bagi seekor tikus yang tidak menyukai Alice sedari awal mencoba menyuruh Alice untuk pergi dengan menyebut nama Alice dengan berteriak, sehingga orang dikerajaan tahu siapa Alice.
13.    Saat Bandersnitch mengamuk, dia menghancurkan kastil kecilnya. Padahal sebelumnya, Alice tidak melepas rantainya. Bandersnitch juga dengan gamblang mengantar Alice ke Kerajaan Ratu Putih, padahal tidak ada sejarah antara Bandersnitch dengan Ratu Putih.
14.    Adegan saat Ratu Putih menyuap “Teh Penormal” kepada Alice, sangat tampak adegan rekayasanya. Gaunnyapun membesar, tapi setelah ganti kamera, gaunnya Nampak hanya longgar beberapa millimeter saja.
15.    Adegan banyak orang (Masyarakat) dalam eksekusi resmi penggal kepala Hatter. Tidak pernah terlihat sebelumnya dan tak dijelaskan, apa, darimana dan bagaimana bisa ada masyarakat yang menyaksikan eksekusi ini. Padahal diketahui, Ratu Merah telah membantai masyarakat beserta Sang Raja.
16.    Tidak diketahui bagaimana bisa Absolum (Ulat Bulu Biru Tua) berada diKerajaan Ratu Putih. Padahal diawal dia beradegan, dia sedang berada dihutan.
17.    Prajurit Catur Putih terlihat banyak di samping Alice dan Hatter. Saat pidah kamera, Prajurit Catur Putih hanya berada dibelakang mereka, bukan disamping.
18.    Alice berlari dan bersembunyi dibalik tiang menghindari Jubberwocky, padahal Makhluk itu melihatnya tapi seperti tidak mengetahuinya.
19.    Saat keluar dari lubang Underland (Alice menyebutnya Wonderland), tidak diperlihatkan bagaimana cara Alice bisa keluar dan sampai di atas.
17.    Bekas luka ditangan kanannya tidak ditanya oleh siapapun didunia nyata. Padahal sangat nampak terlihat.
18.    Gaun yang dikenakannya saat sampai kedunia nyata juga tidak diketahui berasal dari mana. Padahal gaun pertamanya sudah tertinggal di Wonderland.
19.    Setting Pelabuhan pada adegan terakhir tidak tampak seperti Pelabuhan.

KESALAHAN-KESALAHAN LAIN DALAM FILM “ALICE IN WONDERLAND”

1. Ketika Alice pertama kali melihat pintu kecil (yang baru saja jatuh ke lubang kelinci) lubang kunci di sisi kiri pintu, tapi ketika dia kemudian menggunakan kunci untuk membuka pintu ia menempatkan itu di tangan kanan- sisi pintu
2. Pada awal film saat Alice adalah meletakkan di tempat tidur ayahnya menunjukkan padanya bagaimana untuk bangun dari mimpi dengan mencubit dirinya sendiri. Dia menunjukkan dengan mencubit lengannya di lengan tersebut. Beralih sudut kamera dan dia mencubit bahunya, saat kamera aktif kembali sekali lagi ia mencubit lengannya. 
3. Ketika film dimulai dan Alice adalah meletakkan di tempat tidur, kepalanya terus menukar dari beristirahat sepenuhnya pada bantal atau hanya setengah dari itu.
4. Ketika Alice melihat kotak dengan kue "Makanlah aku", pencahayaan dan posisi perubahan kotak antara kamera.
5. Ketika ratu merah duduk di kursinya dan dia berbicara dengan pria dengan patch jantung, lipstiknya yang berbentuk hati. Tapi ketika kamera beralih ke samping, bibirnya sepenuhnya tercakup dalam merah dan ketika berpaling kembali itu adalah hati berbentuk lagi.
6. Ketika Mad Hatter berjalan melalui hutan dengan Alice di bahunya dan membaca jaberwocky - terlihat anggota kru film berjalan di seberang ditetapkan dan terdengar pada kata-kata "the mortal blade went snigger snak"
7. Ketika Alice berjalan melalui pintu kecil dan tiba di Bawah, memperhatikan pohon di sebelah tangga. Ini adalah pohon yang sama seperti pohon yang mati di Film Sleepy Hollow, film arahan Tim Burton yang lain.

MAKHLUK UNIK DALAM FILM “ALICE IN WONDERLAND”

1.    Bandersnitch; Makhluk mirip Yeti dalam mitologi Himalaya. Monster ini bergigi banyak dan tajam dengan tubuh penuh bulu putih berbintik hitam. Muncul pertama kali bersama Prajurit Kartu As Merah bersama Stayne, mencari dan memburu Alice.
2.    Burung Jubjub; Burung mirip Kasuari yang bisa terbang tapi dalam versi kecil. Muncul saat Eksekusi Resmi Hatter yang berubah menjadi kekacauan.
3.    Prajurit Catur Putih; Prajurit yang membela Ratu Putih dalam berperang melawan Prajurit Kartu As Merah. Hanya muncul sekali dalam adegan perang ditahap akhir tayangan.
4.    Prajurit Kartu As Merah; Prajurit Ratu Merah saat berperang. Seringkali muncul saat mencari Alice bersama Stayne, pacar Ratu Merah. Diakhir perang, mereka menolak perintah Ratu Merah.
5.    Chess; Kucing ini ukurannya besar, senyumnya besar dan bisa menghilang. Seringkali muncul disaat yang pas dan paling dibutuhkan. Pernah muncul hanya dengan bagian kepala.
6.    Jubberwocky; Naga ganas yang diramalkan menjadi musuh bebuyutan Pedang Vorpral. Akhirnya mati dipenggal Alice. Muncul di akhir-akhir tayangan.
7.    Absolum; Ulat bulu biru tua yang bijak, sering merokok. Dia juga sering memakai Kacamata sebelah. Tampil beberapa kali dalam adegan. Terakhir kali dia berubah menjadi kepompong saat berbincang dengan Alice yang dilema untuk menjadi prajurit yang diramalkan. Ditayangan terakhir, dia muncul sebagai Kupu-kupu Biru.

KATA-KATA  UNIK DALAM FILM “ALICE IN WONDERLAND”

1.    Ratu Merah: Penggal Kepalanya !!
2.    Hatter: (Kata-kata yang sulit dipahami, ditulis dan diharafiahkan dan berakhir dengan kata ‘Fez”)
3.    Hatter: Kau tahu kenapa Burung gagak bentuknya seperti meja tulis?
4.    Absolum: Kau sama bodohnya saat pertama kali tiba disini.
5.    Absolum: Setahuku kau menyebutnya Wonderland, bukan Underland.
6.    Alice: Biar Kupenggal kepalamu !!
7.    Alice: 6 Hal Mustahil:  
  • Ramuan yang bisa membuatmu mengecil.
  • Kue yang bisa membuatmu membesar.
  • Hewan yang bisa berbicara.
  • Kucing yang bisa menghilang.
  • Ada tempat yang disebut Wonderland.
  • Aku bisa membantai Jubberwocky.
8. Hatter; Apa aku sudah gila?
9. Alice; Aku rasa begitu. Anda memang sudah gila. Tapi aku akan memberitahu kau sebuah rahasia. Semua orang terbaik adalah gila.
10. Hatter; Kenapa kau selalu terlalu kecil atau terlalu tinggi?


    No comments:

    Post a Comment