Monday 25 June 2012

Yang Gratis di Singapura

AIR MINUM
Yang terutama dan terpenting untuk diketahui, adalah bahwa air kran yang disupply oleh PUB (PDAM nya Singapura) di Singapura AMAN UNTUK DIMINUM. Jadi seandainya Anda- jurangan kehabisan uang atau ingin berhemat biaya, lebih baik tidak usah membeli air minum ketika makan dan hanya ambil air putih dari keran terdekat. Karena harga minuman di Singapura cukup tinggi, (di tempat- tempat tertentu harga air putih sampai S$2.4/ botol, bahkan lebih) tentu trik ini sangat membantu untuk melakukan penghematan. Tentu saja ada keran- keran air tertentu yang diletakkan di area publik, sehingga gampang diakses oleh orang yang ingin minum. Tapi apabila keran- keran ini tidak ada, Anda tinggal pergi ke toilet- toilet umum terdekat dan ambil air dari kran westafel saja! Tapi perlu untuk di ketahui bahwa sebagian besar orang Singapura jarang melakukan hal ini, sehingga ngga usah terlalu mencolok sewaktu mengambil air. Yang paling penting, pastikan bahwa air kran tersebut berasal dari supply PUB dan bukan air tampungan sendiri. Kalau air tampungan belum tentu aman diminum soalnya.. Air tampungan ini biasanya hanya digunakan di hostel2, karena itu, jangan lupa tanya dulu..

INTERNET

Jaringan internet di tempat- tempat umum di Singapura sebagian besar adalah gratis, dengan kecepatan yang lumayan tinggi. Anda tinggal melakukan 1x pendaftaran secara online, kemudian password dan username nya akan dapat Anda pakai untuk setiap kali hendak terhubung ke internet. Jaringan ini bernama Wireless@SG. Apabila Anda kebetulan membutuhkan koneksi internet yang stabil lebih lama dengan posisi duduk yang wuenakk , Anda bisa pergi ke Starbucks atau McDonalds. Tapi apabila Anda benar- benar cekak tapi butuh tempat yang nyaman sambil bekerja atau upload foto narsis di FB, lebih baik pergi ke Perpustakaan Umum Singapura yang tersebar di seluruh penjuru kota.

KONSER

Ada banyak event- event gratis yang diadakan di Singapura dan dapat dikunjungi. Tapi beberapa event yang hampir bisa dipastikan ada, yaitu :
  • Konser Beautiful Sunday di Esplanade; Konser ini diadakan sebulan sekali, pada 1 hari Minggu, jam 3 sore, di Esplanade. Kebanyakan konser ini merupakan konser gratis dari musisi asli Singapura. Untuk mendapatkan tiket masuknya, Anda harus datang ke lokasi dan antri tiket minimal 1.5 jam sebelum konser di mulai. Tapi antri 1.5 jam demi mendapatkan tiket gratis ini tetap sangat menguntungkan, karena Anda bisa lihat suasana asli konser di Esplanade, yang biasanya harus mengeluarkan minimal S$20 untuk itu..
  • Konser ruang terbuka di Shaw Foundation Symphony Stage di Singapore Botanic Garden; Konser ini juga diadakan sebulan sekali, pada 1x hari Sabtu, jam 6-7 sore. Konser ini sangat menyenangkan, karena dilakukan di ruang terbuka dengan hamparan rumput yang hijau dan lembut. Anda bisa melakukan piknik dengan keluarga, pacar tercinta atau dengan teman- teman dekat Anda. Musik yang sering dimainkan disini adalah musik klasik, atau pernah juga musik khas kebudayaan negara tertentu.
  • Esplanade Outdoor Theatre Concert; Konser ini dilakukan di area semi outdoor, tepatnya di Outdoor Theatre, dan biasanya hampir bisa dipastikan setiap hari Jumat sampai Minggu pada jam- jam tertentu akan ada konser/ pertunjukan gratis oleh band- band lokal maupun internasional dari berbagai jenis aliran musik disini.

TIKET MASUK

Ketujuh (7) museum ini, yaitu Asian Civilisations Museum, Memories at Old Ford Factory, National Museum of Singapore, Peranakan Museum, Reflections at Bukit Chandu, Singapore Art Museum, Singapore Philatelic Museum ; selalu mengadakan Open House, alias GRATIS masuk pada hari- hari nasional di Singapura. Favorit Saya adalah Asian Civilisation Museum (ACM), kemudian Singapore Art Museum (SAM) dan National Museum of Singapore. Ini adalah 3 museum terbesar dan juga paling menarik di Singapura (menurut Saya.. )

MARINA BARRAGE

Marina Barrage ini salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi, dan lebih menarik lagi karena kita bisa jalan- jalan di dalamnya GRATIS Pertama- arsitektur bangunannya menarik, sehingga cocok dijadikan untuk lokasi hunting foto. Setelah masuk, naik menuju lantai 2, ada Sustainable Singapore Gallery; dimana kita bisa melihat presentasi yang sangat menarik tentang sejarah air dan pengolahannya di Singapura. Lalu jika kita naik ke atapnya yang tertutup oleh rerumputan yang hijau, kita bisa melihat pemandangan area Marina Bay yang sangat indah. Kebanyakan keluarga atau muda-mudi Singapura datang khusus ke area atap ini untuk piknik dan main layangan, ataupun foto- foto.

MAKANAN DIBULAN RAMADHAN

Kalau kebetulan Anda berkunjung ke Singapura pada bulan puasa, cobalah sekali- kali untuk berbuka puasa di masjid. Sajian nasi briyani yang melimpah sudah dipastikan ada dan dibagi-bagikan secara GRATIS. Apalagi kalau hanya sekedar air minum atau kurma. Kemudian ada juga bubur yang penampakannya cukup aneh buat Saya tapi bau dan rasanya enak. Suasana buka puasanya juga sangat kekeluargaan dan terasa berbeda dari keseharian interaksi dengan WNS (Warga Negara Singapura) yang kadang individualistis. Kalau memang Anda tertarik, wisata keliling masjid dan menyelami suasana buka puasa di Singapura ini bisa sangat menyenangkan lho! Masjid yang terutama sering Saya datangi adalah Masjid Al Falah di Orchard Road; Masjid Sultan di Arab Street; dan masjid Assyafaah di Sembawang.

Event Promosi Produk di Orchard Road

Nah, gratisan model ini sudah beberapa kali Saya alami. Tapi waktunya kadang tidak bisa di prediksi dan setahu Saya tidak ada jadwalnya. Ada baiknya kalau Anda sekalian nongkrong saja di Orchard Road seharian menunggu event ini.. hehehe.. Seringkali yang terjadi adalah promo minuman gratis. Sudah beberapa kali Saya mendapat “jatah” Coca Cola botol gratis, ataupun Minute Maid Orange gratis. Promo ini biasanya menyebar rata di sepanjang jalan Orchard Road. Asal kuat malu, Anda bisa aja lewat beberapa kali untuk mendapatkan beberapa botol minuman.

LAINNYA

Ada banyak event gratisan lainnya di Singapura, Anda bisa cari di internet, atau melalui website ini; atau khusus untuk kegiatan yang Anda bisa lakukan di area Marina Bay, Anda bisa cari disini. Singapura adalah negara yang sangat “online” Jadi semua yang terjadi di negara ini, setiap pojok dan penjurunya, selalu ada informasinya secara online. Terutama untuk tempat- tempat wisata, atau acara- acara yang di selenggarakan oleh Pemerintah Singapura untuk menarik turis lebih banyak lagi. Selain itu Pemerintah Singapura selalu mengadakan event/ festival- festival setiap tahunnya. Jadi kemungkinan hampir setiap bulan akan ada festival tertentu yang menarik untuk dikunjungi.

No comments:

Post a Comment