Monday 23 April 2012

Menanti Film The Avenger

2012, Tahun yang akan penuh kejutan dan misteri. Bagi sebagian orang yang percaya 2012 adalah end of the world, tapi bagi industri perfilman 2012 adalah tahunnya para super heroes beraksi. Yah, mungkin juga di tahun 2012 ini kita akan lebih sering melihat kehancuran massal akibat ulah dari arch-villain yang ada, tetapi lagi-lagi akan ada pahlawan yang menyelamatkan bumi. Dalam industri perfilman terutama di Hollywood, film bergenre super heroes sedang marak-maraknya di produksi, salah satunya yang akan menjadi fokus di tahun ini adalah The Avengers. Sebab bisa dibilang cukup unik, berbeda dengan film-film super heroes sebelumnya yang menitikberatkan pada seorang pahlawan super, dalam film The Avengers beberapa super heroes akan beraksi dalam satu frame. Pernahkah sebelumnya anda membayangkan bermacam-macem tokoh superhero saling bahu-membahu satu sama lain demi kelangsungan hidup umat manusia??? Mungkin untuk beberapa tahun sebelumnya tidak pernah terlintas di benak kita bahwa mereka akan bermain dalam satu frame, itu semuanya hanya ada di dalam komik ataupun khayalan kita. But, Thanks to joss Whedon, yang telah membawa semua khayalan itu ke dalam film layar lebar. Dalam film Avengers 2012 dengan sub-judul Avengers Assembling, kita akan melihat tokoh-tokoh superhero masa kecil kita, Captain America, Iron man, Thor, Hulk, Black Widow, hawkeye yang di komandoi oleh Nick Fury akan saling membantu satu sama lain demi mengalahkan musuh-musuhnya.

Garis besar film The Avengers mengisahkan bahwa ada ancaman besar yang akan melanda umat manusia. Karena itu selaku direktur S.H.I.E.L.D, Nick Fury ingin merekrut para pahlawan super yang telah ada untuk menggabungkan mereka di bawah satu payung untuk mengimbangi dan mencegah kehancuran total yang akan melanda bumi. Sebagian besar para lakon The Avengers masih diperankan oleh orang yang sama seperti Robert Downey Jr (Iron Man) Chris Evans (Captain America) Chris Hemsworth (Thor), tetapi lain halnya dengan pemeran The Incredible Hulk diganti dengan Mark Ruffalo yang terkenal dalam film Shutter Island. Padahal akting Edward Norton sebagai pemeran Hulk dalam film The Incredible Hulk cukup menyuguhkan akting yang berkelas. Tetapi menilik dari akting Mark Ruffalo, rasanya ruang kosong itu bisa ditambal dengan baik, mengingat kemungkinan Hulk akan menjadi pemeran pembantu saja di film ini.

Dari cuplikan trailer di atas, dapat kita bayangkan bahwa (lagi-lagi) di Amerika sana ada kekuatan jahat yang menyerang bumi, dan sayangnya pada saat itu teknologi militer yang ada belum mumpuni untuk mengimbangi dasyatnya serangan yang ada. Mereka membutuhkan lebih dari sekedar peluru dan mesiu, lebih dari sekedar semangat seorang tentara bahkan lebih dari sekedar seorang pahlawan super. Mereka membutuhkan lebih besar dari itu, yaitu berkumpulnya para pahlawan super. Untuk itu dibentuklah S.H.I.E.L.D. Beberapa super hero yang direkrut dapat kita lihat dari trailer secara urut yaitu Captain America, Hulk, Thor, lalu Iron Man. Awal pertemuan merka tampaknya cukup berkesan, ada yang menyampaikan salam dengan berjabat tangan ada pula yang lewat pukulan dan tendangan. Tetapi yang dibutuhkan bumi saat ini adalah kerja sama tim, hanya itu satu-satunya harapan umat manusia. Tetapi jangan khawatir, tampaknya mereka dapat bekerja sama dengan baik dapat kita lihat bahwa Hulk tengah "saves Iron Man's ass", lalu Hulk beraksi bersama-sama dengan Black Widow. Ada juga scene ketika Captain America dan Thor pun ikut melindungi Black Widow dari ledakan di udara. Memang dara manis ini memiliki daya pikat yang luar biasa, wajar jika mereka berdua ingin bertaruh nyawa demi Black Widow.

Aksi yang ditawarkan pun cukup epik. Terdapat scene ketika Iron Man beraksi solo di udara melawan pesawat-pesawat 'ga jelas' yang tidak tahu datangnya dari mana. Epik superhero memang epik. Satu yang menjadi pertanyaan adalah apa yang bisa dilakukan oleh Black Widow dan Hawkeye yang tampaknya tidak memiliki kekuatan super sama sekali lalu darimanakah pesawat-pesawat itu muncul?? Yah, tapi tinggal kita tunggu saja tanggal mainnya, semua pertanyaan kita selama ini dapat terjawab dalam bulan-bulan ke depan ini semoga Mjolnir, senjata pamungkas Thor, tidak hanya dapat menggebrak tanah saja, tetapi juga dapat menggebrak belantika perfilman Hollywood.

Jembatan The Avengers (film-film predesor)

The Avengers tidak hanya dibuat secara asal-asalan dan hanya berfokus pada sebuah film super hero saja, tetapi skenario ini telah lama dicanangkan sejak tahun 2008 dalam film The Incredible Hulk. Pada saat itu terdapat scene saat Jendral Ross berada di sebuah bar, lalu sekonyong-konyong Tony Stark a.k.a Iron Man menghapiri dan berkata

"Bagaimana jika kukatakan kepadamu bahwa kita sedang menyusun satu regu?"

Mulai dari situ beredar rumor bahwa akan ada kelanjutan dari film Iron Man dan Hulk akan ada dalam film tersebut. Tetapi ternyata dugaan meleset. Tidak ada hulk dalam film Iron Man 2, yang ada hanyalah War Machine. Ternyata dibalik rumor yang ada ternyata terdapat proyek yang jauh lebih besar lagi. Bukan lagi hanya soal Iron Man dan Hulk, tetapi melibatkan banyak tokoh super hero lainnya yang bahkan saat itu filmnya belum pernah diproduksi. Dalam akhir film jelas-jelas dapat kita lihat bahwa Nick Fury sedang mengumpulkan para manusia berkekuatan super ini dalam satu payung bernama S.H.I.E.L.D. Lalu di dalam film Thor terdapat scene tersembunyi dimana ada Agen S.H.I.E.L.D Coulson (Clark Gregg) yang kalau kalian pernah menonton Iron Man (2010), berpamitan dengan Tony Stark
"Aku dipindah tugaskan, Direktur Fury ingin aku di New Mexico".

Nah, ternyata agen Coulson berada di New Mexico untuk meneliti palu 'Thor' yang ikut terjatuh. Dari situ makin terkuaklah bahwa akan ada sebuah film yang akan mempersatukan mereka dan beberapa super hero lainnya. Tapi simpan dulu takjub kalian itu, karena rasa penasaran kalian akan komplit bila sudah menonton film Captain America. Berlanjut ke film The First Avenger, disini pimpinan S.H.I.E.L.D Nick Fury (Samuel L. Jackson) mencegat Captain America yang sedang kebingungan melihat banyak bangunan pencakar langit. Dan Nick Fury berkata:

"lebih baik menjelaskannya sedikit demi sedikit kepadamu, Anda telah tertidur selama hampir 70 tahun".

Nah, dari beberapa scene di atas, dapat kita simpulkan bahwa keempat tokoh akan bergabung dalam film 'The Avengers'. Jadi ada baiknya bagi para pecinta dan penikmat film Marvel yang belum menonton, untuk menonton terlebih dahulu film-film tersebut sebelum menonton The Avengers yang pastinya memberikan kesan "WAAHHH " !

No comments:

Post a Comment