Wednesday 11 January 2012

Tumbuhan Pemangsa Cacing


Tanaman karnivora atau pemakan daging biasanya ditemukan tumbuh di atas permukaan tanah. Namun di Brasil, sejumlah ilmuwan menemukan tanaman karnivora yang tumbuh di bawah tanah. Tanaman ini menjadikan cacing-cacing di dalam tanah sebagai mangsa mereka. Diungkapkan Rafael Silva Oliveira, peneliti dari State University of Campinas, tanaman yang bernama Philcoxia minesis tersebut ditemukan di padang rumput tropis Brasil, tempat di mana keanekaragaman hayati dilestarikan. Meskipun sebagian besar tanaman tumbuh di permukaan, ada beberapa daun kecil yang bertahan di pasir putih di bawah tanah. 

"Kami menemukan daun dengan lebar 1,5 milimeter yang dapat menjebak cacing dan menghasilkan enzim pencernaan untuk membantu akar menyerap nutrisi," kata Oliveira. Para peneliti, lanjut Oliveira, berpandangan bahwa daun-daun Philcoxia yang tumbuh di bawah tanah benar-benar untuk menangkap mangsa. Hal itu mereka simpulkan setelah daun-daun itu dapat mencerna nematoda, atau ringworms. Jadi daun-daun tersebut bukan terjebak di bawah tanah. 

"Mereka (daun-daun) mungkin terlihat membosankan bagi sebagian orang, karena mereka tidak bergerak atau aktif berburu untuk makanan mereka. Tetapi sebaliknya, mereka telah berevolusi, yang menjadi solusi menarik untuk memecahkan sejumlah masalah umum, seperti kurangnya nutrisi tersedia atau air", terang Oliviera. Oliveira menambahkan, penetapan apakah tanaman ini masuk dalam dalam daftar spesies tanaman karnivora atau bukan hanya tinggal masalah saja, karena tanaman jenis ini memang sangat sedikit di dunia. 

No comments:

Post a Comment