Monday 9 January 2012

Tips Operasikan Windows 7


Windows 7 tidak sama dengan XP atau Vista, berikut 7 tips yang berguna dalam menggunakan Windows 7. 

Cara cepat buka aplikasi ; Tekan tombol Windows dan ketik huruf dari aplikasi yang ingin dibuka, misal 'chr' untuk 'Google Chrome', 'it' untuk 'iTunes', dll, lalu tekan Enter. Atau bisa juga tekan Windows + 1 untuk buka aplikasi yang berada di urutan pertama taskbar, Windows + untuk membuka aplikasi kedua. 

Matikan Automatic Window Management ;  Pada pengaturan awal, Windows 7 secara otomatis mengubah ukuran jendela yang Anda buka jika digeser ke pinggir layar. Bagi sebagian orang, ini sedikit mengganggu, Anda dapat mengatasinya dengan cara mengklik Control Panel, lalu pilih Erase of Access Center, Make the Mouse Easier to Use. Kemudian Uncheck Prevent Windows from being Automatically Arranged When Moved to the Edge of the Screen, lalu tekan Enter. 
Atur pengaturan AutoPlay ; Pilihan AutoPlay biasanya muncul saat Anda memasang flashdisk, memasukkan kartu memori atau DVD ke dalam komputer. Jika ingin menonaktifkan fungsiAutoPlay, klik kontrol panel, pilih Autoplay dan atur sesuai mau Anda. 

Selesaikan masalah dengan akun lain ; Aplikasi yang Anda sering gunakan pernah bermasalah? Coba jalankan aplikasi tersebut dengan akun lain, apabila tetap tidak bisa digunakan, maka instal ulang aplikasi. 

Munculkan extension di Windows Explorer ; File mempunyai ekstensi, misal file dari Program MS Word berupa doc, dari Program Photoshop berupa psd atau file gambar berupa jpg. Anda tidak akan melihat ekstensi file tersebut di Windows Explorer karena memang set default-nya demikian. Untuk memunculkannya, tekan Windows + E, setelah muncul Windows Explorer, pilihOrganize, Folder and Search Options, lalu pilih View Tab dan Uncheck Hide Extensions for Known File Types. 

Matikan TouchPad saat mengetik ; Dengan aplikasi Touchpad 1.2 yang dibuat De Softo, kursor mouse Anda tidak lagi mengganggu saat mengetik. 

Buat Tampilan Desktop Permanen ; Tidak nyaman rasanya melihat tampilan komputer yang berubah-rubah karena resolusi yang berubah. Aplikasi DesktopOk yang dikembangkan oleh pihak ketiga akan cukup membantu. Tampilan komputer yang sudah Anda tidak akan berubah meski Anda mengubah resolusi layar monitor Anda.[mi]

No comments:

Post a Comment