Friday 13 April 2012

Tayangan TV Memasak Terbaik

Tayangan adu bakat kuliner yang digelar di layar kaca banyak yang meraih sukses. Tayangan ini berdampak baik untuk perkembangan wawasan kuliner di dunia. Karena beberapa program kuliner TV berhasil mendunia! Mungkin Anda termasuk salah satu penggemar tayangan kuliner di televisi? Tayangan kuliner di TV mulai marak. Mulai dari adu bakat yang melibatkan chef profesional, selebritis hingga orang awam yang membuat kuliner banyak diminati orang di dunia. Beberapa tayangan kuliner tersebut telah diadaptasi menjadi tayangan lokal dan menjadi trend dunia. Nah, ini dia empat tayangan kuliner TV yang paling sukses dan paling digemari di seluruh dunia!

Iron Chef

Iron Chef merupakan arena adu bakat para chef di TV yang dipopulerkan oleh Fuji Television, Jepang pada tahun 1992. Saking populernya Iron Chef yang dipandu oleh Takeshi Kaga itu baru berakhir tahun 1999 setelah menayangkan sekitar 309 episode. Program ini meski serius juga memiliki unsur menghibur. Sang Iron Chef pemenang bakal ditantang oleh chef lainnya yang hendak mengicar gelar sebagai Iron Chef. Sejumlah negara telah mengadaptasi tayangan kuliner  ini termasuk Indonesia. Di Indonesia juga digelar tayangan Iron Chef Kids. Sedangkan di Amerika, Iron Chef telah ditayangkan dalam beberapa seasons dengan tema yang berbeda. Selain itu tayangan ini juga populer di Inggris, Australia, dan kini Thailand serta Vietnam. Kepopuleran Iron Chef juga dilirik perusahaan game Nitendo dan dibuat versi game dengan judul Iron Chef America: Supreme Cuisine. Wah!!

Come Dine With Me
Konsep acara "Come Dine With Me" lahir di Inggris dan diproduseri oleh Granada Television. Sejak tahun debutnya 2005 silam, tayangan ini telah direplikasi oleh 33 negara dengan berbagai nama berbeda. Misalkan saja "Without a Napkin" di Slovakia, "An Almost Perfect Dinner" di Perancis, dan "Come For Dinner" di Iran. Dalam tayangan ini ada 4-5 orang asing yang bakal bergantian menjadi tuan rumah sebuah pesta. Mereka yang menjadi tamu di saat yang lain menjadi tuan rumah pesta, akan memberikan penilaian mengenai makanan dan tuan rumah terbaik. Mereka yang memperoleh poin paling tinggi akan memenangkan sejumlah uang cukup besar.

Hell's Kitchen/Ramsay's Kitchen Nightmares

Acara reality show yang dibuat Fox ini bergantung sepenuhnya pada sang juri Gordon Ramsay. Gordon Ramsey, seorang celebrity chef sekaligus pengusaha restoran yang sudah mengantongi 3 bintang michelin. Keberhasilan Hell's Kitchen alias Dapur Neraka dan "Ramsay's Kitchen Nightmares" di Inggris diikuti Amerika dengan tayangan sama. Hell's Kitchen merupakan acara reality show kuliner paling keras. Kontestan yang terpilih kebanyakan telah berkecimpung di dunia restoran seperti chef, mantan chef, sous chef hingga pengusaha katering beradu kebolehan, kecepatan, dan inovasi. Mereka harus bertahan mengadapi kerasnya kritik sang juri dengan lontaran kata-kata kasar Ramsay saat memasak. Acara yang mengaduk emosi ini tetap sangat digemari oleh penonton.

MasterChef

Siapa yang tak kenal dengan acara ini? MasterChef dipopulerkan tahun 1990 dan diciptakan oleh Franc Roddam, produser TV asal Inggris. Aslinya MasterChef ditayangkan di Inggris hingga akhirnya merambah ke Australia (2009) dan sangat populer. MasterChef kemudian dibuat dalam beragam format seperti Celebrity MasterChef, MasterChef Junior, dan MasterChef: The Professionals. Dalam acara ini para peserta diminta memasak dengan bahan tertentu di hadapan para juri untuk dinilai. Poin para peserta  tidak hanya berasal dari penilaian para chef juri tetapi juga dari penonton di rumah. Tayangan ini merambah dari Australia, Cina, India, Israel, Amerika, hingga Indonesia. Di Indonesia MasterChef menjadi tayangan yang sangat populer sejak kemunculannya tahun 2011 lalu.

No comments:

Post a Comment