Tuesday 17 April 2012

Setan paling menyeramkan dari China


Nǚ Guǐ

Daratan China/Tiongkok  merupakan sebuah wilayah peradaban yang kaya akan warna-warni budaya, sebuah daratan yang sejarahnya diiringi dengan darah, keringat, dan air mata. Berbagai literasi sastra, seni rupa, obat-obatan, filsafat dan keyakinan banyak tumbuh di daratan China, sehingga peradaban mereka diakui tertua dan  salah satu terbaik. Sebagaimana jalannya peradaban, selalu terdapat cerita tutur baik yang tercatat, ataupun turun temurun secara lisan, termasuk di antaranya mengenai sosok roh ataupun hantu. Berikut uniknya.com, merangkum 5 sosok hantu dari daratan Tiongkok:

Nǚ Guǐ
Nǚ Guǐ adalah sosok hantu perempuan yang semasa hidupnya diperlakukan tidak adil, disakiti dan banyak mengalami pelecehan dan siksaan secara seksual. Ia kemudian memutuskan untuk mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri, dan bergentayangan untuk membalas dendam.

Yuān Guǐ
Yuān Guǐ adalah hantu yang meninggal dengan cara mengenaskan akibat ceroboh, kecelakaan. Ia bergentayangan di alam manusia karena penasaran, tidak tenang, sehingga ia mencari-cari seseuatu yang bisa membuat rohnya tenang.

Shuǐ Guǐ
Shuǐ Guǐ adalah roh seseorang yang meninggal akibat tenggelam, kemudian ia gentayangan dan mendiami tempatnya dulu ia tenggelam. Sikap jahatnya, ia akan menyebabkan siapapun yang berada di sekitar perairan mendapatkan kesialan, ataupun bernasib sama dengannya. Ia akan menarik mereka ke dalam air, dan menenggelamkan mereka, agar bisa menguasai tubuh korbannya.

È Guǐ
È Guǐ, sesosok hantu yang senantiasa lapar akan makanan, harta dan sebagainya. Ia diyakini selalu hadir dalam sebuah festival yang dinamakan, Hungry Ghost Festival. Ia adalah roh dari seseorang yang semasa hidupnya rakus dan tamak, akibatnya semua orang menjadi sengsara, mati akibat kelaparan.

Guǐ Pó
Guǐ Pó, sosok hantu yang menyukai perawakan perempuan tua dan ramah. Diyakini semasa hidupnya roh gentayangan ini adalah seorang pembantu rumah tangga yang bekerja di keluarga kaya yang baik, ia kembali mendatangi rumah tempatnya bekerja untuk kembali membantu pekerjaan rumah tangga.[uniknya]

No comments:

Post a Comment