Wednesday 18 April 2012

Pemimpin Negara yang tewas dibunuh part 1

Kasdi Merbah - Presiden Aljazair
Kasdi Merbah (16 April 1938 - 22 Agustus 1993) ( bahasa Arab : قاصدي مرباح) adalah perdana menteri dari Aljazair dari November 5, 1988 sampai tanggal 9 September 1989. Dia adalah anggota dari FLN , yang memerintah negara itu pada waktu itu. Dia dibunuh pada tanggal 22 Agustus 1993. Selama tujuh puluhan dan awal tahun delapan puluhan, ia adalah kepala dinas keamanan (militaire Securite). Sebelum tahun 1988 pemberontakan, ia telah dua kali menteri: pertanian dan kemudian kesehatan masyarakat. Setelah pemberontakan tersebut, ia merupakan partainya sendiri dikenal dengan singkatan "Madjd" (berarti "kemuliaan" dalam bahasa Arab). Merbah tampak seorang politisi yang sangat moderat dan mencoba (diam-diam dan terang-terangan) untuk membantu dalam mencari solusi atas krisis yang meletus pada tahun 1992 menyusul gangguan proses pemilu - yang FIS setelah memenangkan hampir mayoritas kursi parlemen dalam pertama putaran pemilu pertama legislatif pluralistik (Desember 1991) di Aljazair. Sejumlah besar analis atribut pembunuhan ke masa lalunya dalam layanan keamanan dan rahasia negara banyak yang dimilikinya, di samping postur moderat jelas ia telah diadopsi dalam hal berhubungan dengan gerakan Islam, khususnya FIS yang pergi untuk opsi bersenjata.

Hendrik Verwoerd - PM Afrika Selatan
Pada tanggal 9 April 1960, Verwoerd membuka Pameran Uni di Witwatersrand untuk menandai Yobel dari Uni Afrika Selatan . David Pratt , seorang petani dari Afrika Selatan Natal mencoba untuk membunuh Verwoerd, menembakkan dua tembakan dari pistol .22 otomatis pada point blank jangkauan, satu peluru melubangi pipi kanan dan telinga keduanya benar. Kolonel GM Harrison, presiden Witwatersrand Pertanian Society, melompat bangun dan mengetuk pistol dari tangan penembak. Setelah pistol itu jatuh ke lantai, Harrison, dengan bantuan Richter Carl Mayor, pengawal pribadi Perdana Menteri, warga sipil dan polisi lain dikuasai pria bersenjata itu dan bergegas dia ke kantor polisi tanah acara. Penangkapan dilakukan begitu cepat dan penghapusan dilakukan sangat cepat sehingga bagian yang marah orang banyak frustrasi menyerang dari tahanan, yang tidak lama kemudian bergegas ke kantor polisi Marshall Square. Dalam beberapa menit dari upaya pembunuhan, Verwoerd dilarikan - masih sadar - ke Rumah Sakit Pretoria. Dua hari kemudian, rumah sakit mengeluarkan pernyataan yang menggambarkan kondisinya sebagai 'memang memuaskan - pemeriksaan lebih lanjut dilakukan hari ini dan mereka mengkonfirmasi harapan baik. Dr Verwoerd saat ini adalah tenang. Tidak perlu untuk setiap operasi segera. ' Para ahli bedah yang bekerja pada Verwoerd kemudian akan mengklaim bahwa melarikan diri telah 'benar-benar ajaib'. Ahli bedah Spesialis dipanggil untuk menghapus peluru. Pada awalnya, ada spekulasi bahwa Verwoerd akan kehilangan pendengaran dan keseimbangan, tetapi ini adalah untuk membuktikan berdasar. Ia kembali ke kehidupan publik di 29 Mei, kurang dari dua bulan setelah penembakan. David Pratt muncul di Johannesburg Pengadilan Magistrate pada 11 April. Dia digambarkan sebagai 'sosialita dan petani. Dia adalah anggota terhormat dari Masyarakat Witwatersrand Pertanian dan telah dekat dengan Verwoerd pada beberapa kesempatan sebelum penembakan. Bahkan, kemudian mengungkapkan bahwa Pratt menjadi salah satu VIP duduk di samping Verwoerd selama pembukaan eksposisi. Pratt, yang mengaku ia telah menembak 'lambang apartheid', akhirnya dinyatakan ' gangguan mental dan epilepsi . Pada tanggal 26 September 1960, ia berkomitmen untuk Penjara Pretoria Central untuk 'menunggu indikasi kesenangan Jenderal Gubernur. Pada tanggal 1 Oktober 1961, ia menggantung diri di Rumah Sakit Bloemfontein Mental.

François Tombalbaye - Presiden Chad
François Tombalbaye, juga disebut Ngarta Tombalbaye (15 Juni 1918 – 13 April 1975), adalah mantan presiden Chad. Ia lahir di daerah selatan Chad di prefektur Moyen-Chari didekat kota Koumara dan merupakan grup etnis Sara. Tombalbaye meneruskan jabatan Gabriel Lisette sebagai kepala Partai Progresif Chad, mengepalai pemerintahan kolonialiesme Chad dari tahun 1959. Ia menguasai negara ini selama kemerdekaan Chad pada tanggal 11 Agustus 1960, dan ditunjuk menjadi Presiden dimana ia adalah presiden pertama Chad.

Marien Ngouabi - Presiden Kongo
Pada tanggal 18 Maret 1977, Presiden Ngouabi dibunuh oleh komando dugaan bunuh diri. Orang-orang yang dituduh ambil bagian dalam plot diadili dan beberapa dari mereka termasuk menghukum mati Massamba-Débat. Sebuah Komite Militer Partai (CMP) ditunjuk untuk memimpin pemerintah sementara dengan Kolonel konservatif Joachim Yhombi-Opango untuk melayani sebagai Kepala Negara.

Richard Ratsimandrava - Presiden Madagaskar
Enam hari setelah kantornya mengambil, Ratsimandrava dibunuh pada jam 8 malam saat mengemudi dari istana presiden ke rumahnya.  Kematiannya diumumkan oleh panitia penguasa baru militer. Ini menyatakan bahwa Presiden telah dibunuh oleh anggota Pasukan Keamanan Republik (Groupe de Handphone Polisi-GMP), baju kontra dibubarkan oleh pendahulunya. Acara ini hampir menjerumuskan negara ke dalam perang saudara antara pendukung pemerintah militer dan Tsiranana mantan Presiden. Pada tahun 2006, pada ulang tahun ke-31 pembunuhan kolonel, konferensi diselenggarakan di Madagaskar.

Anwar Sadat - Presiden Mesir
Sadat dilahirkan di Mit Abu Al-Kum, Al-Minufiyah, Mesir, dalam sebuah keluarga Mesir-sudan yang miskin, dengan 12 saudara laki-laki dan perempuan. Ayahnya adalah seorang Mesir, sementara ibunya orang Sudan. Ia lulus dari Akademi Militer Kerajaan di Kairo pada 1938 dan ditempatkan di Korps Isyarat. Ia bergabung dengan Gerakan Perwira Bebas, yang bertekad untuk membebaskan Mesir dari kekuasaan Britania Raya. Pada Perang Dunia II ia dipenjarakan oleh Britania atas usaha-usahanya untuk mendapatkan bantuan dari Kekuatan Poros dalam mengusir pasukan-pasukan pendudukan Britania. Ia ikut serta dalam kudeta 1952 yang menggulingkan Raja Farouk II. Ketika revolusi meletus, ia diperintahkan mengambil alih jaringan radio dan mengumumkan pecahnya revolusi kepada rakyat Mesir. Pada 1964, setelah memegang berbagai jabatan dalam pemerintahan Mesir, ia dipilih oleh Presiden Gamal Abdel Nasser untuk menjabat sebagai Wakil Presiden. Ia menduduki jabatan itu hingga 1966, dan sekali lagi dari 1969 hingga 1970. Setelah Nasser meninggal, Anwar Sadat dilantik menjadi Presiden. Ia  tewas ditembak dalam sebuah parade militer oleh anggota tentara anggota Jihad Islam. Ini merupakan organisasi muslim Mesir berhaluan keras yang menentang perjanjian damai Mesir dengan Israel. Tindakan represif anggota Jihad Islam terlihat dalam peristiwa September. Anwar Sadat kemudian digantikan oleh Wakil Presiden Hosni Mubarak yang akhirnya juga wafat ditangan pembunuh.

Ibrahim Baré Maïnassara - Presiden Niger
Ibrahim Baré Maïnassara (9 Mei 1949 - 9 April 1999) adalah seorang pejabat militer di Niger yang menggulingkan pemerintahan Presiden Mahamane Ousmane pada 27 Januari 1996. Dia terpilih sebagai presiden pada 7-8 Juli 1996, meraih 52% suara dalam sebuah pemilu yang dianggap oleh pihak lain secara luas penuh dengan kecurangan. Maïnassara kemudian dilantik pada 7 Agustus. Pada 9 April 1999, dia dibunuh dalam sebuah kudeta militer oleh para tentara di bandar udara di ibukota Niger, Niamey. Saat itu dia berusia 49 tahun.

Agathe Uwilingiyimana - PM Ruwanda
Pembicaraan antara Presiden Habyarimana, Uwilingiyimana, dan Front Patriotik Rwanda tidak pernah menyimpulkan, karena pesawat presiden ditembak jatuh oleh roket sekitar pukul 08:30 pada tanggal 6 April 1994. Dari kematian Habyarimana sampai pembunuhan itu keesokan harinya (sekitar 14 jam), Perdana Menteri Uwilingiyimana adalah kepala konstitusional Rwanda pemerintahan.

Abdirashid Ali Shermarke - Presiden Somalia
Omar Abdirashid Ali Sharmarke (Somali: Cumar Cabdirashiid Cali Sharmaarke, bahasa Arab: عمر عبد الرشيد علي شرماركي) (lahir 18 Juni 1960; umur 51 tahun) adalah diplomat dan politisi asal Somalia. Ia adalah mantan Perdana Menteri Somalia.

Abeid Karume - Presiden Tanzania
Karume dibunuh pada April 1972 di Kota Zanzibar. Empat orang bersenjata menembak mati saat ia bermain Bao di markas partai Afro-Shirazi. Beberapa orang merayakan kematiannya, seperti berbagai negara tidak menyukai presiden memproklamirkan diri yang tidak pernah seseorang dari Zanzibar dengan asal. Hal ini diyakini ia berasal dari Uganda . Rretaliasi diikuti terhadap orang yang diduga telah menentang rezim Karume itu. Amani Abeid Karume , anak Sheikh Abeid itu, terpilih dua kali sebagai presiden Zanzibar, pada tahun 2000 dan 2005 oleh mayoritas populer dan menyerahkan kekuasaan pada akhir 2010 untuk penggantinya Ali Mohamed Shein .

No comments:

Post a Comment