Wednesday 18 April 2012

Nih Buronan Pinter ?Menyerah, Komandan Taliban Tagih Hadiah


Afganistan dan Amerika Serikat tak harus mengerahkan pasukan untuk menangkap seorang komandan Taliban, Mohammad Ashan. Sebab, komandan Taliban di Provinsi Paktika ini menyerahkan diri kepada aparat setempat.
Ashan merupakan buronan pemerintah Afganistan. Posternya disebar dan ditempel di mana-mana. Hadiah US$100 disiapkan bagi siapa pun yang berhasil menangkapnya. Ashan adalah tersangka dua penyerangan terhadap tentara Afganistan.
Akhir pekan lalu, Ahsan menyerahkan diri ke pos penjagaan di Distrik Sar Howza. Dia membawa poster yang bergambar wajahnya. Anehnya, dia meminta hadiah seperti yang tertera dalam poster itu.
Melihat sikap Ashan itu, petugas justru bingung. Mereka berpikir, sangat langka ada buronan yang mau menyerahkan diri. Apalagi meminta hadiah untuk penangkapan itu.
Tentara AS yang berada di pos itu berupaya mengkonfirmasi apakah yang menyerahkan diri itu benar-benar Ashan atau bukan. "Kami tanya, 'apakah Anda Ashan?' Mohammad Ashan menjawab, 'Ya, ya, ini benar saya. Bisakah saya mendapat hadiah saya sekarang?'," kata tentara AS, Mattehew Baker, seperti dikutipWashington Post.
Setelah diperiksa intensif, pria yang menyerahkan diri itu dipastikan adalah buronan yang sedang dicari. "Dia adalah anggota Taliban yang bisa disejajarkan dengan para pencuri di film Home Alone," kata seorang pejabat AS, sembari tersenyum geli. (umi)





No comments:

Post a Comment