Sunday 15 April 2012

Dick Clark [Biografi]

Richard Wagstaff "Dick" Clark, lahir di Mount Vernon, New York, 30 November 1929 adalah pembawa acara televisi dan penyiar radio Amerika Serikat. Ia dikenal sebagai pembawa acara musik American Bandstand, acara kuis Pyramid, dan acara malam tahun baru Dick Clark's New Year's Rockin' Eve. Selain itu, Clark adalah produser televisi dan pengusaha yang mendirikan rumah produksi Dick Clark Productions pada tahun 1977. Ciri khasnya adalah salam perpisahan "For now, Dick Clark...so long," yang diucapkannya untuk mengakhiri acara sambil memberi salam hormat militer. Penampilannya yang selalu tampak muda membuatnya dijuluki "Remaja Tertua Amerika" hingga Clark terkena stroke pada akhir tahun 2004. Kemampuan berbicaranya masih terganggu ketika ia kembali untuk membawakan acara New Year's Rockin' Eve pada 31 Desember 2005. Acara berikut yang dihadirinya adalah upacara penyerahan Penghargaan Emmy (27 Agustus 2006) serta New Year's Rockin' Eve (31 Desember 2006 dan 31 Desember 2007).

Dick Clark dilahirkan sebagai anak dari Julia Fuller Barnard dan Richard Augustus Clark. Ia dilahirkan dan dibesarkan di Mount Vernon, New York. Kakak satu-satunya, Bradley tewas di Perang Dunia II. Karier di dunia hiburan dimulainya tahun 1945 dengan bekerja di bagian surat stasiun radio WRUN Utica, New York yang dikelola oleh ayah dan dimiliki oleh pamannya. Clark naik pangkat menjadi pembawa prakiraan cuaca dan penyiar berita sambil kuliah di Universitas Syracuse. Di kampus, ia menjadi anggota fraternitas Delta Kappa Epsilon dan bekerja di radio kampus WAER. Setelah lulus dari Universitas Syracuse pada tahun 1951, ia memulai karier televisi di WKTV Utica, sambil menjadi DJ di radio 1490 WOLF (AM) Syracuse. Acara televisi yang pertama kali dibawakannya adalah Cactus Dick and the Santa Fe Riders, sebuah acara musik country. Setelah itu, ia menggantikan Robert Earle sebagai pembawa berita. Robert Earle nantinya membawakan acara GE College Bowl.

Pada tahun 1952, Dick Clark pindah ke Philadelphia dan bekerja sebagai DJ di radio WFIL. Acara yang dibawakannya bernama Caravan of Music. Masih di tahun yang sama, televisi WPVI-TV yang berafiliasi dengan WFIL memulai acara musik Bob Horn's Bandstand. Artis-artis lokal berselaras bibir di depan pemirsa remaja di studio. Selain itu, pemirsa di studio diberi kesempatan memberi skor untuk lagu yang mereka sukai. Di antara artis lokal Philadelphia yang tampil adalah Chubby Checker dan Frankie Avalon. Clark ditugaskan sebagai pembawa acara cadangan kalau Bob Horn berhalangan. Ketika Horn keluar, Clark menjadi pembawa acara tetap sejak 9 Juli 1956. Acara yang dibawakan Clark diangkat oleh jaringan televisi ABC sebagai tayangan nasional, dan diluncurkan kembali sebagai American Bandstand pada 5 Agustus 1957. Acaranya menampilkan wawancara dengan Elvis Presley..

Clark juga mulai berinvestasi di bidang industri rekaman sejak tahun 1950-an. Pada tahun 1959, Senat Amerika Serikat membuka penyelidikan tentang payola. Perusahaan rekaman diduga membayar stasiun penyiaran untuk hanya memainkan lagu-lagu mereka. Clark bersaksi di depan dengar pendapat Kongres pada tahun 1960. Ia bersih dari segala tuduhan, namun ABC memintanya untuk menjual seluruh aset di bidang rekaman yang dimilikinya. Kesuksesan American Bandstand tidak tergoyahkan walaupun pembawa acaranya terkena kasus. American Bandstand disiarkan setiap hari hingga tahun 1963 sebelum diubah menjadi acara seminggu sekali hingga tahun 1987. Pada tahun 1964, studio American Bandstand pindah dari Philadelphia ke Hollywood. Where the Action Is adalah sempalan American Bandstand yang ditayangkan dari 1965 hingga 1967, juga di ABC. Sebagai pembawa acara adalah teman dekatnya, Charlie O'Donnell dari Philadelphia yang bertugas selama 10 tahun. O'Donnell juga dijadikan salah seorang pembawa acara kuis Pyramid pada tahun 1980-an.

Pada tahun 1972, Clark memproduksi dan membawakan acara spesial malam tahun baru Dick Clark's New Year's Rockin' Eve yang pertama. Acara berupa melakukan siaran langsung dari Times Square, New York City. Ia ikut menghitung detik-detik pergantian tahun yang dilakukan bersamaan dengan penurunan bola raksasa di Times Square. Setelah pergantian tahun, acara dilanjutkan dengan konser musik yang direkam sebelumnya di Hollywood. Puncak acara merupakan siaran langsung bagi pemirsa di Zona Waktu Timur. Pemirsa di zona waktu lain menyaksikan rekaman tunda.

ABC menyiarkan New Year's Rockin' Eve di setiap malam tahun baru sejak tahun 1972 kecuali pada tahun 1999. Pada malam pergantian milenium, ABC menayangkan ABC 2000 Today yang dibawakan Peter Jennings. Clark bersama Jack Ford bertugas sebagai koresponden tayangan langsung pergantian milenium dari Times Square. Selama lebih dari tiga dekade, acara malam tahun baru Dick Clark menjadi tontonan populer orang Amerika di malam tahun baru. Pada akhir tahun 2004, Clark tidak muncul karena masih belum sembuh akibat serangan stroke. Pada tahun berikutnya, Clark kembali membawakan acara, namun dibantu oleh Ryan Seacrest sebagai pembawa acara utama.

Sebelum Pyramid, Clark sempat menjadi pembawa acara kuis The Object Is dan Missing Links. Ia kemudian membawakan acara The $10,000 Pyramid yang mulai ditayangkan CBS pada 26 Maret 1973. Acara kuis ini dirancang oleh produser Bob Stewart, dan kemudian hadiah dinaikkan menjadi AS$20.000. Setelah sempat disindikasikan pada tahun 1981 sebagai The $50,000 Pyramid, CBS kembali menayangkannya sebagai The $25,000 Pyramid dari tahun 1982 hingga 1988. Dari tahun 1985 hingga 1988, Clark membawakan dua versi Pyramid sekaligus, versi AS$25.000 di CBS dan versi sindikasi $100,000 Pyramid.

Versi siang hari Pyramid memenangi 9 Penghargaan Emmy sebagai kuis terbaik, dan hanya bisa dikalahkan oleh Jeopardy! yang memenangi 11 penghargaan. Selama membawakan Pyramid, Clark juga memenangi 3 Penghargaan Emmy. Clark menikah tiga kali. Pernikahan pertama dengan Barbara Mallery pada tahun 1952. Mereka bercerai pada tahun 1961 setelah mendapat seorang anak yang diberi nama Richard A. Clark. Pada tahun 1962, ia menikah dengan Loretta Martin, dan bercerai pada tahun 1971 setelah mendapat dua orang anak. Istrinya yang sekarang bernama Kari Wigton yang dinikahinya sejak tahun 1977.

No comments:

Post a Comment