Friday 20 April 2012

10 Jenis Dino Terkecil

Dinosaurus adalah hewan bertulang belakang dominan di ekosistem darat selama lebih dari 160 juta tahun, dari periode Trias Tua (sekitar 230 juta tahun yang lalu) sampai dengan akhir periode Kapur (sekitar 65 juta tahun yang lalu), ketika banyak dari mereka punah pada peristiwa kepunahan Kapur-Tersier. Diantara banyak spesies tersebut ada pula Dinosaurus dengan ukuran paling kecil. Berikut ini 10 Dinosaurus Dengan Ukuran Paling Kecil

Micropachycephalosaurus  50 cm
Dinosaurus yang memiliki nama paling panjang adalah Micropachycephalosaurus yang berarti kadal tebal berkepala kecil. Fosil hewan ini ditemukan di China dan diberi nama tersebut pada 1978 oleh ahli paleontologi China. 
Saltopus  60 cm
Hewan ini adalah dinosaurus pemakan serangga, cacing dan hewan kecil lainnya. Fosilnya ditemukan didaratan Eropa. Panjang tubuhnya dari kepala sampai ekor sekitar 50 cm.

Yandangornis  60 cm
Yandangornis adalah genus burung primitif (atau mungkin non-avialan theropoda) dari Kapur Akhir. Hewan tersebut hidup 85 juta tahun yang lalu di tempat yang sekarang dikenal dengan Cina. Spesies jenis, Y. longicaudus, secara resmi digambarkan oleh Cai dan Zhou pada tahun 1999. Spesimen holotipe dalam koleksi Museum Sejarah Zhejiang alam, dengan nomor aksesi M1236. Fosil tersebut ditemukan pada tahun 1986, dekat Linhai Kota di Provinsi Zhejiang, Cina. Ini termasuk sebagian besar dari satu kerangka lengkap.
Microraptor  77 cm
Microraptor merupakan salah satu jajaran Dinosaurus kecil. Mereka hidup sekitar 120 juta tahun yang lalu dan populasinya tersebar di beberapa wilayah China. Jenis ini umumnya memiliki empat buah sayap dengan satu ekor yang memanjang. Kendati memiliki dua pasang sayap, Microraptor tidak dapat terbang. sebaliknya, ia mungkin hanya meluncur dari suatu tempat ke tempat lainnya seperti seekor tupai terbang.

Lesothosaurus  90 cm
Lesothosaurus adalah dinosaurus herbivora Ornithischian. Hal ini dinamakan oleh paleontologist Peter Galton pada tahun 1978, nama yang berarti "kadal dari Lesotho". Genus ini monotypic, hanya memiliki satu spesies yang valid, Lesothosaurus diagnosticus dalam genus.

Nanosaurus  90 cm
Nanosaurus ("kadal kecil atau kerdil") adalah nama yang diberikan kepada genus dari dinosaurus dari Jurassic Akhir. Dijelaskan oleh Otniel Charles Marsh pada tahun 1877, itu adalah Ornithischian kurang-dikenal afinitas tidak pasti. Its fosil dikenal dari Formasi Morrison dari Colorado dan mungkin Wyoming. Hal ini sering digambarkan dalam sastra populer (sebagai "dinosaurus kecil"), meninggalkan kesan bahwa lebih banyak yang diketahui tentang itu daripada sebenarnya. Kebanyakan representasi sebenarnya dari apa yang sekarang disebut Othnielosaurus atau Othnielia.

Bambiraptor  91 cm
Bambiraptor, sebuah dinosaurus bersayap pra sejarah yang hidup 75 juta tahun lalu. Dinosaurus ini diberi nama Bambiraptor feinbergi, menunjukkan kalau ia masih anak-anak dan belum mencapai ukuran tubuh sepenuhnya. Ia memiliki otak yang besar, sternum mirip burung, dan lengan mirip sayap. Fosil ini langka karena lengkap tanpa kehilangan satu tulangpun.

Sinosauropteryx  91 cm
Dinosaurus ini adalah pemakan daging dan tubuhnya besar kalkun. Fosilnya ditemukan pada tahun 1996 di formasi Yixian, China. Penemuan dinosaurus jenis ini menarik perhatian karena di fosilnya terlihat bagian yang mirip bulu burung. Bentuk belang-belang juga sudah terlihat di ekornya.

Wannanosaurus  99 cm
Wannanosaurus (berarti "kadal Wannan", dinamai lokasi di mana ditemukan) adalah genus dinosaurus pachycephalosaurian basal dari Formasi Xiaoyan Campanian usia Kretaseus Atas, sekitar 80 juta tahun lalu (jtl) di tempat yang sekarang dikenal dengan Anhui, Cina. Spesies jenis, Wannanosaurus yansiensis, digambarkan oleh Lian-Hou Hai pada tahun 1977.

Procompsognathus  120 cm
Procompsognathus (artinya "nenek moyang rahang yang elegan") adalah sebuah genus dinosaurus theropoda kecil yang hidup pada akhir periode Trias (pertengahan Norian tahap), sekitar 210 juta tahun yang lalu. Procompsognathus disebut oleh Eberhard Fraas pada tahun 1913. Dia bernama spesies jenis, P. triassicus, atas dasar kerangka buruk-diawetkan ditemukan di Württemberg, Jerman.

No comments:

Post a Comment