Saturday 24 March 2012

Fakta Seputar Kedelai

Kedelai termasuk dalam keluarga kacang-kacangan yang memiliki tingkatan nutrisi sangat tinggi, terutama protein nabati. Protein merupakan senyawa organik kompleks yang banyak kandungan gizi. Molekul protein ini bisa mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor yang dibutuhkan tubuh. Ini pula yang ditegaskan oleh Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS, Dosen Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB. "Protein kedelai adalah lebih baik, hampir mendekati protein hewani walaupun tidak sama persis" katanya. Dalam paparan lanjutan, protein kedelai sangat baik untuk untuk tubuh manusia, karena daya cernanya  bagus dan daya serapnya lebih bagus. Bagaimana perbandingan kedelai dengan makanan yang lain? Berikut ini fakta perbandingan kedelai dengan makanan lainnya:
 
  • Dibandingkan dengan susu nonfat, kandungan protein kedelai dua kali lebih banyak.
  • Dibandingkan dengan secangkir brokoli segar, setengah cangkir kedelai memiliki kalsium lebih banyak, penjelasannya kurang lebih, brokoli 62 Mg sedangkan kedelai 88 mg.
  • Tahukah Anda kedelai utuh memiliki serat, zat besi dan pottasium lebih banyak dibandingkan ayam.
  • Serat, priteun dan vitamin K dalam kedelai utuh lebih banyak dibandingkan oatmeal atau sejenis sereal.
  • Dibandingkan dengan roti gandum, jumlah seratnya sama banyak dan uniknya kedelai utuh konon memiliki lebih banyak zat besi, antioksidan, dan potasium.
  • Kandungan potasiumnya sama seperti pisang, hanya saja memiliki kelebihan dengan dilengkapi dengan protein, serat dan zat besi.Serat, kalsium, zat besi dan magnesium yang terkandung dalam ikan salmon masih lebih rendah dibandingkan dengan kedelai utuh.

Yah, demikian manfaat yang tersembunyi kedelai dan kehebatannya tak banyak diketahui, bagaimana dengan Anda? Sudah akrabkah anda dengan kedelai dalam setiap hari?

No comments:

Post a Comment