Monday 5 October 2009

Robot Semut

Para peneliti dari institute Swedia, Spanyol, Jerman, Italia dan switzerland telah membuat robot dengan biaya murah dan kuantitas yang besar.
Dengan teknologi penghantar untuk melekatkan module yang berbeda ke circuit board dan melipatnya maka terbentuklah microbot yang besarnya hanya seperdelapan kuku manusia (4mm).
The image “http://ndoware.com/wp-content/uploads/2009/05/hexbug-300x224.jpg” cannot be displayed, because it contains errors.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjem0B9MQi3-A3vVpPjmTVh4nwoPxcgl0sEseWpwoZjtwZRLKBbvTprlMTS1KiAanidKDUhlUszSkVIGmNw4OUbIxEEKRRuWNczJD05vBn4fm8sr5od0zlCWqCMzpucV-2bFkUC7n-WabI/s200/Pasukan+Robot+Mini+Saingi+Semut.jpg

http://www.walyou.com/blog/wp-content/uploads/2009/04/giant-ant-hexapod-robot.jpg
microbot dapat berkomunikasi bergerak dan memindah energy serta mengumpulkan data. Project robot tersebut berbasis I-SWARM(Intelegent Small-World Autonomous Robots for Micro-manipulation) yang diinspirasi dari tingkah laku serangga. Sejumlah robot tersebut akan berkomunikasi menggunakan sensor infra red, sehingga seperti semut.

No comments:

Post a Comment