Sunday 25 October 2009

MoonBow Si Pelangi Bulan

pelangi terjadi karena matahari bersinar pada tetesan2x air embun, biasanya terjadi pada atmosfir setelah hujan. MOONBOW lebih jarang terjadi, hanya dapat dilihat pada malam hari ketika bulan ada pada titik rendah pada saat bulan purnama sampai hampir purnama. Satu tempat popular untuk melihat MOON BOW adalah di air terjun Cumberland di kentucky AS.



http://www.virginmedia.com/images/Moonbow431x290.jpg

Sulit bagi mata manusia untuk membedakan warna dalam cahaya moonbow karena biasanya terlalu lemah untuk merangsang reseptor kerucut warna di mata manusia. Akibatnya, mereka sering tampak putih. Namun, warna dalam sebuah moonbow lakukan muncul dalam foto-foto lama terpapar.

http://www.astrofoto.no/astro/moonbow.jpg

Sebuah lingkaran berwarna di sekeliling bulan bukanlah moonbow-biasanya adalah 22 ° dihasilkan oleh pembiasan melalui kristal es heksagonal di awan cirrus. Cincin berwarna dekat bulan adalah korona, fenomena difraksi yang dihasilkan oleh tetesan air yang sangat kecil atau kristal es di awan.

http://www.aimforawesome.com/wp-content/uploads/2007/12/moonbow.jpg

Moonbows paling mudah dilihat ketika bulan sudah dekat penuh (ketika itu terang). Untuk selain yang dihasilkan oleh air terjun, harus bulan rendah di langit (kurang dari 42 derajat dan lebih rendah) dan harus langit gelap. Dan tentu saja harus ada hujan berlawanan dengan bulan. Kombinasi ini membuat moonbows persyaratan jauh lebih jarang daripada pelangi yang dihasilkan oleh matahari.

No comments:

Post a Comment